5 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Banyak diantara kita yang pasti pernah mengalami gusi bengkak. Rasanya jangan ditanya lagi, pasti sangat sakit, terasa nyut-nyut hingga ke kepala, dan begitu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kebersihan gusi menjadi begitu penting terhadap kesehatan mulut seseorang. Gusi merupakan jaringan kokoh yang umumnya berwarna pink (merah muda), karena di dalamnya terdapat banyak pembuluh darah yang berukuran kecil dan jaraknya sangat rapat.

Gusi berfungsi membungkus tulang rahang bawah dan atas, juga menempel pada bagian bawah gigi. Jadi ketika terjadi sesuatu pada gigi, maka bisa berdampak pada gusi.

Gusi bengkak menandakan gusi tersebut telah terjadi peradangan (inflamasi) sehingga akan berwarna lebih merah dari sekitarnya. Dampak lainnya maka gusi akan menonjol, terkadang nampak kekuningan diujungnya, sebagai tanda adanya nanah.

Gusi bengkak menjadi sangat sensitif dan akan terasa sangat sakit bahkan berdenyut seperti mau meledak. Tak jarang pula gusi bengkak menjadi mudah berdarah ketika menggosok gigi. Ada juga yang bengkaknya sampai ke pipi, sehingga wajah terlihat jadi tidak simetris.

Gusi yang bengkak akan menimbulkan rasa sakit yang terus menerus, hingga perlu bantuan dokter untuk mengobatinya. Namun bagi Anda yang tak ingin repot-repot ke dokter, kini Anda bisa mengobati gusi bengkak tersebut dengan santai di rumah.

Berikut kami sajikan 5 cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang dapat Anda praktekkan sendiri di rumah:

Gunakan air hangat dengan campuran garam

Ternyata campuran air hangat dan garam sangat efektif untu mengobati gusi bengkak. Caranya yakni dengan mencapurkan segelas air yang hangat dengan satu sendok makan garam.

Aduk hingga rata, kemudian berkumurlah dengan campuran air tersebut. Lakukan sampai 2 kali dalam sehari agar hasilnya optimal dan bengkak pada gusi menurun.

Gunakan lemon dan air hangat

Selain berkhasiat untuk perawatan kulit, ternayta lemon juga berkhasiat untuk mengatasi maslaah gusi bengkak. Caranya yakni, peras ¼ lemon kemudian campurkan air perasan lemon tersebut dengan ½ gelas air hangat.

Gunakan campuran air hangat dan lemon tersebut untuk berkumur. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dan maksimal, lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

Gunakan minyak cengkeh

Selain mengatasi berbagai gangguan kesehatan, ternyata minyak cengkeh juga dapat membantu menyembuhkan gusi bengkak.

Caranya yakni, oleskan minyak cengkeh pada bagian gusi yang bengkak. Lakukan cara ini hingga 3 kali sehari setelah makan agar hasil lebih maksimal.

Berikan pijatan pada gusi

Caranya yakni lakukan pijatan ringan secara perlahan dengan gerakan melingkar pada pipi bagian gusi yang mengalami bengkak. Pastikan gerakan pemijatan yang anda lakukan tidak membuat Anda merasa kesakitan.

Banyak minum air putih

Konsumsi air putih minimla 8 gelas sehari, selain membantu menjaga keshatan tubuh kita, terutama menghindarkan dari dehidrasi. Air putih juga ternyata mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan mulut.

Dengan minum banyak air putih, maka mulut senantiasa tidak akan mengalami kekeringan. Cara ini juga berkhasiat untuk membersihkan mulut dan gusi dari bakteri yang merugikan sehingga secara tidak langsung bisa membantu mengatasi masalah gusi bengkak.

***

Demikianlah 5 cara mengatasi gusi bengkak secara alami. Bahan-bahan yang diperlukan untuk metode alami ini relatif mudah didapatkan di rumah sehingga lebih praktis dan tidak merepotkan.

Tentunya, Anda tetap bisa menggunakan obat-obat dari dokter gigi untuk mengatasi masalah gusi bengkak selain dengan kelima cara alami yang sudah kami bahas di sini.

Nah, selamat mencoba. Semoga bermanfaat bagi Anda!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *