Manfaat Minyak Zaitun untuk Perawatan Wajah

minyak zaitunJika ada tanaman dengan seribu manfaat, maka tidak berlebihan jika gelar itu diberikan pada pohon Zaitun. Pohon yang dapat tumbuh bertahan hingga ratusan tahun ini memberi begitu banyak berkah dan manfaat pada manusia, utamanya produksi minyak zaitunnya.

Minyak zaitun yang diperoleh dari buah zaitun (Olea europaea) ini, sudah dikenal sejak lama dipakai untuk kesehatan dan kecantikan, misalnya untuk mencegah sakit perut, sakit jantung hingga diet alami. Minyak zaitun merupakan minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi, utamanya asam oleik dan polifenol.

Minyak zaitun juga sudah dipakai dalam perawatan wajah sejak zaman Yunani kuno. Rahasia kecantikan wajah bintang Hollywood Gwyneth Paltrow pun ada pada minyak zaitun yang dipakainya secara rutin. Tak heran minyak zaitun ini dijuluki The Liquid Gold, sebab membawa beragam manfaat.

Khusus untuk perawatan wajah, minyak zaitun berguna untuk melembabkan dan menjaga elastisitas kulit dan memperlancar proses regenerasi sehingga tidak mudah kering. Cukup dioleskan langsung pada wajah atau dipakai sebagai masker.

Manfaat lain minyak zaitun adalah untuk menjaga kesegaran kulit. Dengan mencampurkan minyak zaitun ekstrak murni dengan minyak atsiri seperti kenangan atau mawar ke bagian wajah akan membuat kulit wajah nampak bersih dan segar.

Kita juga bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk perawatan wajah dengan mencampurkan masker alpukat dengan 3 sendok minyak zaitun. Jika didiamkan selama 10 menit kemudian dibilas, kulit akan lembab dalam waktu yang cukup lama.

Jika kulit wajah keriput? Iya, kita juga bisa menggunakan minyak zaitun dan perasan jeruk segar, kemudian dipijat pada wajah. Lakukan sebelum tidur secara rutin, kerutan di wajah akan berkurang.

Secara ringkas berikut manfaat minyak zaitun untuk perawatan wajah jika dioleskan ke wajah:

  1. Menjaga kelembaban kulit wajah
  2. Mengurangi produksi minyak yang berlebihan
  3. Menghilangkan flek hitam maupun bekas jerawat
  4. Menjadikan wajah nampak bersih dan segar
  5. Mengurangi kerutan
  6. Menjaga elastisitas kulit
  7. Meperlancar proses regenerasi kulit wajah
  8. Memberi nutrisi pada wajah
  9. Menghaluskan kulit wajah
  10. Mencegah komedo

Nah, itulah manfaat minyak zaitun untuk perawatan wajah, semoga bermanfaat bagi pembaca!