6 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Loading...

DOKTERCANTIK.COMMadu sangat terkenal dengan segudang manfaatnya yang luar biasa, baik jika dikonsumsi maupun digunakan sebagai obat luar dan masker. Madu mempunyai kandungan yang amat kaya dengan vitamin, mineral (kalsium, natrium, kalium, magnesium, phosphor, zat besi, sulfur dan mangan), potassium, antioksidan, asam amino, zat gula (glukosa serta fruktosa), riboflavin, niasin, thiamin, asam pantotenat, piridoksin, serta asam askorbat.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang berguna tersebut, madu sudah pasti sangat bermanfaat untuk ibu hamil yang membutuhkan nutrisi untuk perkembangan janin dalam rahimnya. Salah satu pentingnya madu untuk ibu hamil yaitu karena adanya asam folat yang berfungsi sebagai nutrisi penting untuk perkembangan janin.

Ibu hamil yang kekurangan asam folat pada saat kehamilan awal bisa mengakibatkan bayi beresiko mengalami cacat bawaan pembuluh syaraf. Hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan otak bayi.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan nutrisinya yang demikian padat, madu sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Di antara beberapa manfaat madu untuk ibu hamil yaitu:

1. Mengurangi rasa mual

Mual biasa dirasakan oleh ibu yang hamil muda. Cara mengatasinya adalah dengan menghindari terlambat makan, sering mengkonsumsi makanan ringan, meminum madu yang dicampur dengan air putih, atau mengkonsumsi 3 sendok madu di pagi hari pada saat bangun tidur sebelum turun dari ranjang.

2. Memperbaiki nafsu makan

Rasa mual yang berkelanjutan pada ibu hamil membuat nafsu makan berkurang. Jika dibiarkan, janin akan kekurangan asupan gizi dan perkembangannya terhambat. Minum madu dengan teratur misalnya 2 atau 3 kali dalam sehari akan mengembalikan nafsu makan ibu hamil.

3. Mengurangi rasa panas dalam perut

Rasa panas dalam perut (heartburn) disebabkan pelunakan sphincter pada kerongkongan serta lambung akibat hormon yang dilepaskan saat hamil. Meminum madu ditambah dengan susu berguna untuk menetralkan asam lambung sehingga mengurangi rasa panas dalam perut.

4. Menambah sistem kekebalan tubuh

Tingginya kandungan nutrisi dalam madu dapat menambah sistem kekebalan tubuh ibu hamil sehingga tidak mudah sakit. Ibu hamil bila mengalami sakit sedikit saja sangat beresiko pada pertumbuhan janin, bahkan bisa berakibat fatal seperti bayi lahir cacat akibat virus tertentu.

5. Melindungi janin dari keracunan

Kadang kala ibu hamil juga makan berlebihan sehingga kurang memperhatikan kandungan zat dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi. Untuk mencegah terjadinya keracunan pada janin bisa dilakukan dengan cara meminum madu. Para dokter di Cina menemukan fakta bahwa meminum madu setiap hari selama masa kehamilan dapat secara signifikan mengurangi kasus keracunan.

6. Mempermudah proses kelahiran

Zat prostaglandin yang terkandung dalam madu bisa mempercepat kontraksi pada rahim serta membuat leher rahim melebar, sehingga persalinan secara normal bisa berjalan dengan lebih mudah dan tidak terlalu menyakitkan buat sang ibu.

**

Jika Anda kurang menyukai rasa madu yang terlalu manis, Anda bisa menyiasatinya dengan mencampur madu bersama olesan roti atau sebagai pengganti gula. Namun, bagi ibu hamil yang menderita diabetes, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai kadar gula yang boleh Anda konsumsi.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *