Cara Mengatasi Penyakit Kolesterol Dengan Obat Herbal

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Apakah Anda seorang penjelajah kuliner? Pecinta kuliner biasanya akan mencari makanan apa saja yang bisa memenuhi kepuasannya, walaupun tidak dalam porsi besar. Hati-hati jika Anda suka mencoba berbagai jenis makanan, jika tidak diimbangi dengan konsumsi makanan atau minuman yang tepat dan bernutrisi baik, bisa-bisa tingginya kadar kolesterol malah akan mengundang penyakit bagi Anda.

Bagaimana Kolesterol Mengancam Anda?

Sebenarnya tubuh kita membutuhkan sejumlah kecil kolesterol agar berfungsi dengan baik. Kolesterol merupakan komponen penyusun lemak selain asam lemak bebas, trigliserida dan fosfolipid yang diproduksi oleh hati. Kolesterol dibutuhkan untuk memperkuat membran sel dan membuat hormon dan vitamin D.

Namun, ada kalanya kita mendapatkan terlalu banyak lemak jenuh dan kolesterol dalam makanan yang kita konsumsi, yang keduanya membuat kenaikan tingkat kolesterol LDL (kolesterol “buruk”).

Jumlah kolesterol berlebihan dalam darah akan menyebabkan endapan-endapan lemak yang menempel pada dinding pembuluh darah dan menyumbat arteri hingga menyebabkan tekanan darah tinggi atau serangan jantung, bahkan jika aliran darah menyumbat ke otak maka juga bisa menyebabkan penyakit stroke.

Tanda-tanda yang mungkin timbul akibat kadar kolesterol tinggi di antaranya sakit kepala dan pegal-pegal (terutama pada tengkuk), hal ini disebabkan oleh kurangnya oksigen akibat peredaran darah terhambat (karena darah menjadi kental) .

Obat Herbal untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Berbagai macam obat saat ini bisa ditemui untuk mengatasi kolesterol tinggi. Namun, tidak semua obat itu dapat berfungsi dengan baik, karena bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa saja menimbulkan penyakit lain.

Selain memperbaiki pola makan agar kadar kolesterol dalam darah Anda tidak semakin tinggi, sebaiknya Anda menggunakan obat herbal yang aman dan tidak memiliki efek samping.

Di antara beberapa obat herbal populer yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kolesterol misalnya:

1. Temulawak

Biasanya temulawak dikenal bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Ternyata temulawak juga bisa digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi. Caranya adalah: rebus 30 gram temulawak yang sudah dikupas dan diiris tipis dengan 600 cc air, campur dengan 15 gram daun dewa yang sudah dicuci bersih. Rebus hingga tersisa 200 cc. Disaring kemudian Anda minum airnya.

2. Daun salam dan daun ceremai

Daun salam bukan hanya digunakan sebagai bumbu dapur, melainkan juga bisa menjadi obat kolesterol. Caranya adalah: rebus 7 lembar daun salam dan daun ceremai 300 gram dengan air sebanyak 600 cc. Rebus sampai tersisa 300 cc. Kemudian Anda minum air rebusan tersebut.

3. Mengkudu

Buah mengkudu juga terkenal bisa mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah kolesterol tinggi. Caranya adalah: rebus 2 buah mengkudu yang sudah matang. Direbus dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa sampai 200 cc. Kemudian Anda saring dan Anda minum air rebusan tersebut.

**

Selain bahan-bahan di atas, bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengobati kolesterol adalah bawang putih, bawang Bombay, kunyit, jamur kuping hitam, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika Anda melakukan terapi dengan obat-obatan herbal tersebut secara rutin, setidaknya Anda bisa merasakan manfaatnya setelah kurang lebih 3 minggu. Selamat mengobati kolesterol Anda!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *