Beragam Manfaat Madu Untuk Kulit Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Manisnya madu sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Begitu pula manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan. Tidak sedikit orang yang mengkonsumsi madu sebagai pengganti obat-obatan kimia, vitamin atau buah-buahan. Hal ini dikarenakan madu sarat dengan nutrisi yang mampu memberikan energi serta daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Manfaat madu ternyata tidak hanya dapat dirasakan jika diminum saja. Manfaat madu juga dapat dirasakan jika dioleskan secara langsung pada kulit, misalnya sebagai obat luar atau masker wajah.

Tahukah Anda, apa saja manfaat madu untuk wajah? Yuk kita simak artikel berikut ini!

Manfaat Madu untuk Kulit

Beberapa manfaat madu untuk kulit adalah:

Sebagai antioksidan alami. Madu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan kemudian meremajakannya kembali, sehingga madu mampu menghaluskan wajah dan membuat wajah berseri-seri.

Sebagai pelembab. Madu membantu menarik air dan mempertahankannya, sehingga mampu melembabkan dan membersihkan kulit. Madu sangat cocok untuk kulit sensitif. Jika kosmetik dan produk kecantikan membuat wajah Anda menjadi kering, maka menggunakan masker madu merupakan solusi yang tepat.

Membantu pembentukan kolagen. Dengan manfaat ini, madu bisa mengobati bekas luka pada kulit.

Anti inflamasi dan antibakteri. Madu bisa membantu mengobati luka atau lecet, dan juga mencegah proses degeneratif pada kulit.

Manfaat Madu untuk Membersihkan Wajah

Madu bisa digunakan sebagai pembersih wajah untuk berbagai jenis kulit, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengaplikasikan madu pada wajah Anda.

  • Untuk kulit berminyak. Campur madu dengan susu dingin dan mentimun parut. Oleskan pada wajah selama sepuluh menit sebelum membilasnya dengan air hangat.
  • Untuk kulit kering. Haluskan alpukat matang, tambahkan 2 sendok makan madu, dan 1 sendok teh single cream. Oleskan pada wajah, diamkan selama 10 – 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Manfaat Madu Untuk Wajah Berjerawat

Untuk mengatasi wajah berjerawat, sebaiknya Anda menggunakan madu mentah sebagai masker wajah. Orang yang memiliki masalah jerawat parah dan kulit kering bisa menggunakan madu sebagai pembersih. Madu membantu mengeringkan jerawat, sekaligus memudarkan noda bekas jerawat pada kulit. Madu bersifat melembabkan dan bisa menghentikan pembentukan jerawat baru.

Beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi wajah berjerawat menggunakan madu adalah:

1. Cukup oleskan 2 atau 3 sendok madu pada wajah Anda menggunakan ujung jari hingga merata. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah Anda dengan air hangat yang bersih (jangan menggunakan sabun wajah). Kemudian keringkan wajah Anda menggunakan handuk yang lembut.

2. Campur madu dengan air hangat dan gunakan untuk mencuci muka. Pijat kulit Anda selama beberapa menit, atau biarkan selama beberapa saat sebelum dibasuh dan dilembabkan.

3. Campur 3 sendok makan madu dan 1 sendok makan kayu manis bubuk hingga rata. Gunakan wadah tahan panas. Panaskan campuran tersebut selama 30 detik dalam microwave atau rendam dalam air mendidih bersama wadahnya. Setelah itu aduk-aduk masker sampai lebih cair.  Setelah masker dingin, oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan wajah dengan handuk bersih. Jika kulit Anda tidak sensitif, maka Anda dapat menggunakan masker ini setiap hari.

5. Campurkan madu, jus lemon dan bubuk cendana. Oleskan pada wajah, diamkan selama minimal 30 menit dan mencucinya dengan air hangat.

6. Campurkan madu dan gandum. Oleskan pada wajah, kemudian biarkan kering. Sebelum mencucinya, basahi terlebih dulu dan gosok dengan baik dan lembut pada kulit yang berjerawat.

**

Selamat merawat kulit wajah Anda dengan madu, agar wajah Anda kembali lembut, segar dan berseri!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *