7 Macam Obat Tradisional Wasir

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Anda pernah mengalami sembelit atau sulit buang air besar? Hati-hati, Anda bisa terkena penyakit wasir yang akan berujung pada operasi jika tidak segera diatasi. Apalagi jika Anda sedang hamil, wasir sangat beresiko ketika Anda melahirkan nanti.

Penyebab Wasir

Penyakit wasir atau ambeien terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah di anus yang melebar sehingga menyebabkan aliran darah menuju jantung terhambat. Proses pelebaran pembuluh darah ini kemudian menutupi selaput lendir, kulit serta jaringan ikat serta otot-otot polos yang lambat laun menimbulkan pembengkakan berupa benjolan atau tonjolan.

Tonjolan inilah yang kemudian menyebabkan kesulitan saat buang air besar. Jika kotoran keras dan sulit dikeluarkan sehingga harus mengejan terlalu kuat, bisa terjadi pendarahan karena luka pada benjolan tersebut.

Pembengkakan atau peradangan merupakan proses perlindungan sel darah putih dari infeksi oleh benda asing seperti bakteri dan virus. Gejala terjadinya adalah nyeri, kemerahan , panas, pembengkakan, dan gangguan pada fungsi tubuh normal.

Obat Tradisional Wasir

Jika Anda ingin mengatasi penyakit wasir Anda secara tradisional, tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa cara pengobatan berikut ini, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan obat-obatan yang berbahan kimia.

1. Lidah buaya (aloe vera). Memberikan gel lidah buaya pada area dubur dapat membantu mengurangi peradangan.

2. Daun ungu (graptophyllum pictum). Daun ungu mengandung zat-zat yang disebut saponin, alkaloid dan glikosida yang memiliki efek anti-inflamasi dan dapat menghambat peradangan wasir serta membantu proses pencernaan dengan membuat tinja menjadi lebih lunak.

3. Daun sirsak. Daun sirsak mampu mengecilkan selaput lendir, menekan peradangan dan mengurangi rasa nyeri karena memiliki senyawa penting berupa fruktosa, protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, dan Vitamin B, kemudian senyawa golongan tanin, fitosterol, dan alkaloida, serta asetogenin.

4. Daun jambu biji. Ambil beberapa lembar pucuk daun jambu biji lalu cuci bersih, Tambahkan satu buah pisang batu dengan kulitnya, kemudian haluskan dan peras airnya. Minum air perasan tersebut secara rutin.

5. Pisang Ambon. Blender satu buah pisang Ambon, tambahkan satu gelas susu murni, minum secara rutin tiga gelas sehari agar penyakit wasir cepat hilang.

6. Tape singkong. Mengkonsumsi tape singkong yang sudah dihaluskan secara rutin tiga kali sehari juga mampu mengatasi wasir. Tape singkong mengandung ragi yang menyehatkan pencernaan.

7. Kangkung. Ambil beberapa tangkai kangkung dengan daunnya lalu cuci bersih. Haluskan dengan blender lalu saring airnya. Tambahkan satu butir telur ayam kampung dan sedikit garam ke dalam air sari kangkung tersebut. Minum satu kali sehari sebelum tidur agar penyakit wasir Anda dapat segera sembuh.

**

Selain menggunakan beberapa obat tradisional di atas, Anda juga sebaiknya membersihkan area dubur dengan baik menggunakan air bersih setiap selesai buang air besar. Anda tidak perlu menggunakan sabun karena dapat meningkatkan iritasi. Untuk mengeringkan daerah sekitar wasir, gunakan tisu bayi yang lembut.

Untuk mengurangi rasa nyeri, duduklah dalam air hangat 3 atau 4 kali sehari selama 10-15 menit. Atau bisa juga Anda kompreskan kantung es atau kompres dingin pada daerah dubur selama 10 menit, 3 atau 4 kali sehari untuk mengurangi pembengkakan.

Yang paling penting adalah konsumsi makanan tinggi serat (sayuran, buah-buahan dan biji-bijian) dan perbanyak minum air putih, serta hindari teh dan kopi terutama yang kental.

Selamat mengobati wasir Anda!

Loading...

Komentar Pembaca untuk “7 Macam Obat Tradisional Wasir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *