Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Selain kanker dan penyakit jantung, diabetes juga termasuk salah satu jenis penyakit berbahaya yang sering menyerang usia dewasa dan remaja. Penyakit ini ditandai dengan kondisi kadar gula dalam darah yang meningkat atau tidak normal akibat kinerja atau menurunnya insulin.

Kekurangan atau terganggunya insulin menyebabkan gula darah tidak terkontrol karena insulin inilah yang bertugas dalam mengolah zat gula darah menjadi energi sehingga keberadaan gula darah menjadi terkontrol dan seimbang.

Gejala awal yang sering dirasakan penderita diabetes yaitu mudah kelelahan, sering merasa kehausan, warna kulit melemah, luka sulit sembuh, dan beberapa gejala lainnya.

Penyebab Diabetes

Faktor terbesar menjadi penyebab timbulnya penyakit diabetes yaitu karena pola makan yang tidak sehat. Pola makan tidak sehat seperti banyak lemak, suka ngemil, junk food, dan sering makan gorengan bisa memicu timbulnya penyakit diabetes.

Selain faktor makanan, faktor lain yang menjadi penyebabnya yaitu jarang melakukan aktivitas fisik seperti halnya berolahraga, kurang tidur, stres, dan kecanduan rokok.

Daun Sirsak Sebagai Obat Herbal Diabetes

Untuk itu, upaya pencegahan dan pengendalian diabetes bisa dilakukan dengan menghindari faktor-faktor yang menjadi penyebab tersebut. Selain menghindari faktor penyebab, Anda juga bisa menggunakan tumbuhan herbal untuk menyembuhkan diabetes.

Kandungan Daun Sirsak

Salah satu tumbuhan yang dipercaya mampu dalam mengendalikan diabetes yaitu sirsak, lebih tepatnya daun sirsak. Daun sirsak mengandung berbagai senyawa seperti annocatacin, annohexocin, acetoginins, anonol, anomurine, caclourine, gigantetronin, gentisic acid, linoleic acid, annonacin, dan beberapa senyawa lain yang berfungsi untuk kesehatan tubuh, termasuk diabetes dan kanker.

Cara Memilih Daun Sirsak

Untuk memanfaatkan daun sirsak sebagai obat diabetes, maka pilihlah daun sirsak yang berkualitas bagus dan berkhasiat tinggi yaitu daun sirsak yang tidak cacat, tidak da bintik-bintik putih atau hitam dan tidak dimakan ulat.

Pilih daun sirsak yang berjejer memanjang dimana Anda bisa memilih daun yang terletak di urutan ke 3 dari pangkal. Dengan kata lain, daun yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua menjadi pilihan tepat karena kandungannya masih sempurna.

Cara mengolah Daun Sirsak

Setelah memilih daun yang berkualitas baik, kini saatnya Anda mengolah daun sirsak dengan cara merebus beberapa daun sirsak kemudian meminum air hasil rebusannya secara rutin.

Anda juga bisa memanfaatkan daun sirsak kering, yaitu dengan menjemur beberapa helai daun sirsak terlebih dahulu hingga benar-benar kering kemudian baru digiling atau dihancurkan hingga halus. Daun sirsak yang telah halus tersebutlah yang diseduh dengan air panas seperti halnya membuat teh.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan cara lain yaitu dengan memblender beberapa helai daun sirsak dengan air hangat. Setelah diblender, tambahkan lagi sedikit air hangat kemudian diaduk-aduk. Nah, setelah itu bisa langsung disaring dan air hasil saringannya itulah yang bisa Anda minum.

Ramuan-ramuan ini bisa Anda minum dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari. Jika dilakukan secara teratur dan penuh kesabaran, maka diabetes akan berangsur-angsur pulih.

**

Itulah manfaat daun sirsak untuk penyakit diabetes. Selain bermanfaat untuk mencegah dan memperkecil diabetes, daun sirsak sudah dikenal lama mampu mencegah kanker karena ia bersifat seperti kemoterapi dan memiliki kemampuan membunuh sel-sel yang tumbuh abnormal.

Untuk itu, ada baiknya Anda mulai menanam tanaman satu ini di pekarangan rumah Anda karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *