Tahapan Infeksi Herpes Simpleks

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Herpes disebabkan oleh virus herpes simplex. Ada dua jenis herpes yang umum dikenal yaitu herpes oral dan herpes genital. Herpes oral (disebabkan HSV-1) menginfeksi area mulut dan kadang berkembang ke daerah pipi, dagu bahkan hidung sedangkan herpes genital (disebabkan HSV-2) adalah infeksi daerah kulit kemaluan. Keduanya menunjukkan gejala dan tahapan yang hampir sama, walau penanganannya membutuhkan tindakan yang agak berbeda.

Berikut adalah uraian tahapan infeksi herpes berdasarkan jenisnya, seperti dikutip dari md-health.com.

Tahapan Infeksi Oral Herpes

  1. Prodrome

Diawali dengan rasa gatal di area kulit. Kemudian dalam 1-2 hari akan mulai perih dan iritasi

  1. Inflammation dan Swelling

Tahap prodome lebih sering tidak terdeteksi dan akan berkembang menimbulkan radang (inflammation) yang terasa sedikit panas dan bengkak (swelling)

  1. Blisters

Area yang perih tadi akan mulai merah dan muncul gelembung-gelembung kecil (namun banyak dan berkumpul)pada satu atau beberapa area. Biasanya berlangsung selama dua hari.

  1. Ulceration

Gelembung akan pecah dan mengeluarkan cairan dan membentuk bagian luka yang terbuka (ulkus). Pada tahap ini kulit akan sangat sensitif dan inilah tahapan dimana perihnya terasa sangat maksimal. Namun, tahap ini umumnya akan berlangsung selama 1 hari

  1. Crust atau Scab

Perih akan mulai hilang dan di bagian atas kulit mulai muncul lapisan kulit yang lebih keras (kerak) yang mulai mengering. Berlangsung dalam 2-3 hari. Jangan kelupas bagian kerak tersebut agar nantinya tidak meninggalkan bekas di kulit.

  1. Complete healing

Kulit kering akan mulai mengelupas sendiri dan muncul lapisan kulit yang baru (sehat).

Tahapan Infeksi Genital Herpes

  1. Podrome

Virus mulai aktif dan merebak ke permukaan kulit. Tahap herpes dimulai, pada tahap ini anda bisa mengalami perih saat buang air kecil. Merasa gatal di area yang terinfeksi. Virus semakin berproduksi dan berkembang yang artinya area terinfeksi tersebut terdapat virus herpes simplex yang bisa tertular ke orang lain.

Tahap ini akan berlangsung selama seminggu. Biasanya tahapan ini sering tidak disadari dan justru tanpa sadar menularkannya ke orang lain, seperti melalui hubungan seksual.

  1. Kulit kemerahan

Area yang terinfeksi akan mulai memerah dan perih karena menjadi tempat virus menyerang ke permukaan kulit. Berlangsung dalam 1-4 hari. Sebaiknya hindari kontak fisik dengan siapapun untuk menghindarkan penularan.

  1. Blisters Form

Pembentukan gelembung terjadi, awalnya hanya satu gelembung, namun lama kelamaan akan semakin banyak dan berisi cairan yang mana cairan tersebut mengandung banyak virus herpes simplex. Anda akan merasakan perih yang sangat mengganggu. Tahap ini berlangsung 2-6 hari, sebaiknya gunakan lah pakaian (dalaman) yang longgar untuk mengurangi rasa perihnya.

  1. Lesion

Gelembung tadi akan mulai terbuka dan mengeluarkan cairan. Pada tahap ini, anda harus rajin membersihkan dan mengeringkan area yang terinfeksi tersebut. Akan sangat perih ketika mandi, duduk dan buang air kecil. Gunakanlah pakaian dalam berbahan katun lembut untuk mengurangi rasa perih. Tahap ini berlangsung 1-4 hari.

  1. Herpes Scab

Saat cairan dalam gelembung tadi sudah habis, maka kulit akan mulai mengering dan memunculkan kerak (koreng). Dalam beberapa kasus tidak menunjukkan gejala pembentukan kerak kulit tetapi menunjukkan lukan yang mulai hilang sampai tidak kelihatan sama sekali. Sama seperti oral herpes, jangan anda kelupasi sendiri kerak-kerak itu agar tidak meninggalkan bekas.

  1. Complete Healing

Penyembuhan, kulit merah lambat laun akan memudar. Sembuh total akan memakan waktu 3-7 hari. Dalam tahap ini masih disarankan untuk tidak berhubungan seksual untuk mencegah penyebaran infeksi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *