10 Macam Obat Tradisional Asam Urat

Loading...

DOKTERCANTIK.COMPenyakit asam urat merupakan suatu penyakit yang terjadi di bagian persendian, terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan. Nyeri sendi akibat asam urat sangat hebat hingga kadang menimbulkan pembengkakan dan peradangan. Kebanyakan penyakit ini dialami oleh orang-orang yang berusia 30 tahun ke atas.

Penyakit asam urat biasanya disebabkan oleh konsumsi zat-zat yang banyak mengandung purin. Zat purin yang berlebihan dalam metabolismenya berubah menjadi asam urat. Peningkatan kadar asam urat mengakibatkan ginjal tidak mampu membuang kelebihan asam urat, sehingga banyak kristal asam urat menumpuk di persendian.

Penyebab Asam Urat

Beberapa makanan yang mengandung banyak purin dan menyebabkan penyakit asam urat yaitu:

  • Minuman Manis dan Beralkohol. Minuman manis memicu dan memproduksi munculnya asam urat lebih banyak. Beberapa percobaan dilakukan pada seorang pria yang mengkonsumsi fruktosa setiap hari mudah terkena asam urat.
  • Daging Merah. Daging merah lebih banyak memunculkan datangnya konten purin dibanding daging putih, kecuali daging domba.
  • Jeroan, dalam hal ini adalah hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak.
  • Makanan Laut. Udang, kerang, cumi, kepiting, kornet, sarden, dan sebagian ikan laut dapat menimbulkan asam urat, seperti ikan herring dan tuna, tetapi untuk lobster, kepiting, dan udang lebih baik dari pada ikan yang lainnya.
  • Beberapa sayuran juga bisa menyebabkan asam urat seperti bayam, buncis, kol, jamur kuping, kangkung, daun singkong, dan kembang kol.
  • Kacang-kacangan

Obat Tradisional untuk Mengatasi Asam Urat

Beberapa obat tradisional di bawah ini bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat:

1. Jahe Merah

Jahe merah terbukti dapat mengurangi peradangan di sendi dan menghancurkan tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

2. Daun Sirsak

Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak yang hijau dan cukup tua setelah dicuci bersih dan dipotong-potong. Rebus dengan 2 gelas air mendidih, lalu disaring dan diambil airnya, minum 2 kali sehari pagi dan malam.

3. Daun Salam

Rebus 10 helai daun salam dengan air sebanyak 700 cc hingga mendidih dan tersisia air 200 cc. Lalu minum airnya selagi hangat.

4. Cuka Sari Apel

Kandungan yang terdapat dalam cuka sari apel mampu menurunkan kadar asam urat. Pilih cuka sari apel yang mentah tanpa aditif.

5. Cuka Madu

Cuka madu di beberapa tempat dikemas dalam produk obat kesehatan yang bernama propolis. Cuka madu memberikan suasana basa dalam tubuh yang berfungsi menetralkan zat asam dalam tubuh, dan juga mempermudah ginjal mengeluarkan asam urat dan menghancurkan kristal-kristal asam urat.

6. Air Putih

Minumlah air putih minimal 8 – 10 gelas per hari, untuk mengencerkan urin sehingga dapat menghambat proses terbentuknya asam urat berlebih. Banyak minum air akan memperbaiki fungsi ginjal dan membantu mengeluarkan kristal asam urat dari dalam tubuh.

7. Jus Buah Cerry

Jus buah cerry dapat membantu darah dan urin dalam mengimbangi sifat keasamannya, dan juga mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat.

8. Jus Lemon

Jus lemon merangsang tubuh untuk memproduksi kalsium kabonat yang berfungsi menetralkan asam urat.

9. Vitamin C

Vitamin C membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Misalnya dalam blueberry, strawberry, buah naga, jeruk dan pepaya.

10. Makanan Bersifat Basa, Potasium Tinggi dan Karbohidrat Kompleks

Gunanya menetralkan asam tubuh (darah dan urin) mempermudah ginjal mengeluarkan asam urat. Contohnya sereh, labu kuning, kentang, yoghurt, pisang, singkong, nasi, ubi, roti, dan tomat.

**

Jangan lupa untuk menghindari sumber makanan pencetusnya ya, dan rajinlah memeriksakan kadar asam urat Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *