Penyebab Pipi Tembem Dan Cara Mengecilkannya

DOKTERCANTIK.COM – Pipi chubby alias tembem sebenarnya lucu dan menggemaskan, tetapi rupanya hal ini berlaku untuk anak-anak kecil saja, karena wanita dewasa umumnya lebih menyukai penampilan yang langsing dengan wajah tirus dan hidung mancung. Mengapa demikian?

Sebelum Anda memutuskan untuk mengecilkan pipi tembem Anda agar terlihat lebih tirus, sebaiknya Anda perhatikan lebih dahulu, apa sih penyebab pipi menjadi tembem, apakah karena keturunan atau ada sebab lainnya, dan kemudian Anda baru bisa menentukan cara yang tepat untuk mengecilkan pipi tembem Anda.

Yuk kita simak uraiannya berikut ini!

Penyebab Pipi Tembem Dan Cara Mengecilkannya

Penyebab Pipi Tembem

Pipi tembem bisa disebabkan beberapa hal, yaitu:

  • Banyak makan. Terlalu sering mengunyah makanan bisa menyebabkan pipi Anda semakin tembem.
  • Fast food. Makanan cepat saji dan berlemak menyebabkan penumpukan lemak pada pipi Anda sehingga menjadi tembem.
  • Kurang kalsium. Kekurangan kalsium menyebabkan tulang pipi Anda kurang terbentuk sehingga mudah tertutup oleh lemak.
  • Kurang minum. Kekurangan air putih menyebabkan lemak pada wajah Anda sulit untuk larut.
  • Kurang olahraga. Lemak yang tidak terbakar oleh kegiatan olahraga akan menumpuk di pipi Anda.
  • Kurang tidur. Kurang istirahat juga menyebabkan metabolisme dalam tubuh Anda berjalan kurang sempurna.
  • Obesitas. Ini terjadi jika Anda terlalu gemuk sehingga pipi juga ikut membesar.
  • Rokok dan alkohol. Hati-hati, rokok dan alkohol juga bisa membuat pipi Anda menjadi lebih tembem.

Cara Mengecilkan Pipi Tembem

Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk mengecilkan pipi tembem Anda? Setelah mengetahui penyebabnya, silakan Anda ikuti tips berikut untuk mengecilkan pipi tembem yang Anda miliki:

1. Mengatur pola makan. Kurangi cemilan, makanan cepat saji dan berbagai jenis gorengan, karena akan menimbulkan penimbunan lemak pada tubuh.

2. Rajin berolahraga. Olahraga akan membakar lemak, membuat pipi Anda menjadi lebih tirus dan tubuh pun menjadi lebih sehat. Cukup luangkan 15-30 menit setiap pagi atau malam untuk olahraga ringan.

3. Melakukan senam wajah. Ada beberapa gerakan senam wajah yang bisa Anda lakukan sambil melakukan kegiatan lain seperti bekerja, menunggu seseorang atau sesuatu, menonton televisi, menyetir, atau menjelang tidur. Beberapa gerakan tersebut yaitu:

  • Gerakan mengunyah permen karet (chewy gum), saat mengunyah permen karet, rahang dan pipi Anda berolah raga, asalkan jangan berlebihan agar tidak menyakiti rahang dan gigi.
  • Gerakan X-O. Katakan “X” dan “O” secara terus menerus agar kedua rahang tertarik terus menguat dan membakar lemak di pipi.
  • Membuka rahang. Buka mulut lebar-lebar seperti mengucapkan huruf A dengan kekuatan penuh dan tahan beberapa detik, ulangi selama beberapa menit.
  • Mengangkat pipi. Gerakan seperti tersenyum, mengangkat pipi dengan tinggi sampai pipi mendekati mata dan tahan beberapa detik. Lakukan berulang kali.
  • Gerakan mulut ikan. Gerakkan bibir seperti bibir ikan, dengan mengapit bibir sampai bibir bagian atas dan bagian bawah mengkerut. Lalu tahan beberapa detik dan lakukan secara berulang.
  • Meniup pipi. Gerakkan mulut seperti meniup balon hingga pipi Anda penuh udara. Tiup pipi kiri beberapa menit, kemudian tiup pipi kanan beberapa menit.
  • Menyedot pipi. Kerucutkan bibir dengan menyedot pipi kiri dan kanan sekuat mungkin. Tahan beberapa detik.
  • Wajah singa. Buka mulut lebar-lebar lalu julurkan lidah, tapi jangan Anda lakukan untuk menakut-nakuti seseorang atau anak-anak kecil ya!

4. Melakukan pijat wajah. Pemijatan wajah saat melakukan facial atau membersihkan wajah, dengan cara melakukan gerakan melingkar di pipi.

5. Banyak senyum dan tertawa. Senyum dan tawa mampu meniruskan pipi Anda, karena otot-otot wajah akan menjadi rileks.

**

Tetapi, sebelum mengecilkan pipi tembem Anda, jangan lupa, pipi tembem bisa tetap cantik dan menarik lho!

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

3 Komentar Pembaca untuk “Penyebab Pipi Tembem Dan Cara Mengecilkannya

  1. Aku kalo pake hijab,pipiku kelihatan tembem bgt ..byk yg bilang aku tembem,,aku nggak suka itu,,aku jadi nggak PD,,tolong bantu carikan solusi buat aku biar aku nggak tembem,,pliiis

    View Comment
  2. pipi ku tembem banget pokoknya klo lagi pke jilbab syar’i muka ku kelihatan bulat banget kya bola aja mudah”an info ny bermanfaat biar bisa cepet ngecilin pipi tembemku ini

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *