Mengenal Apa Itu Trypophobia dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Trypophobia merupakan perasaan takut yang berlebihan dan cenderung tidak masuk akal (fobia) terhadap segala bentuk lubang. Jenis ketakutan terbaru ini ditemukan oleh sekelompok ilmuwan bidang psikologi dari University of Essex di Inggris.

Mereka menemukan bahwa penderita trypophobia tidak dapat melihat benda yang memiliki banyak lubang dengan pola berulang (klaster lubang), seperti sarang semut, sarang lebah dan sebagainya.

Penderita trypophobia akan merasakan gejala mual, panik atau malah terserang migren jika secara kebetulan melihat benda-benda berlubang dengan pola tertentu. Selain itu, kadang kala penderita trypophobia juga akan mengalami jantung berdebar dan berkeringat panas.

Gejala dan Tanda Trypophobia

Penderita trypophobia akan merasakan sejumlah gejala dan tanda ketika terserang perasaan takut akan kulster lubang di hadapannya, seperti:

  • Panik dan perasaan takut yang berlebihan
  • Timbul kecemasan tinggi yang dapat mengurangi respon gerak anggota tubuh
  • Keringat banyak disertai perasaan panas di sekujur tubuh
  • Jantung berdetak sangat kencang bahkan bisa sulit bernapas
  • Pada anak-anak yang menderita trypophobia cenderung akan rewel dan terus menangis karena takut.

Semua gejala-gejala yang disebutkan di atas merupakan dampak psikis akibat fobia terhadap lubang. Sebagaimana diketahui, fobia merupakan ketakutan yang dialami oleh seseorang terhadap suatu obyek yang menimbulkan dampak nyata, yang pada orang yang normal kelihatan tidak masuk akal.

Penelitian yang dipimpin oleh Geoff Cole tersebut menemukan bahwa kemungkinan penyebab timbulnya ketakutan pada penderita trypophobia adalah karena adanya kemiripan visual pola lubang berulang dengan hewan beracun tertentu.

Mereka juga meyakini bahwa reaksi jijik dan takut (fobia) terhadap klaster berlubang merupakan efek samping dari adaptasi evolusioner untuk menghindari hewan beracun. Hal ini didasari keadaan bahwa pada dasarnya setiap individu memiliki kecenderungan bawaan untuk waspada terhadap hal-hal yang dapat merugikan.

Cara Mengatasi Trypophobia

Trypophobia bukanlah penyakit serius yang tidak dapat disembuhkan. Sebagaimana umumnya fobia, trypophobia sebenarnya bisa disembuhkan secara mandiri.

Caranya adalah dengan sering melihat gambar klaster lubang sehingga penderita menjadi tidak peka terhadap pola lubang berulang. Jika dilakukan secara rutin, maka gangguan trypophobia perlahan akan menghilang seiring dengan terbiasanya penderita melihat pola gambar dengan lubang berulang.

Jadi jika Anda tengah menderita trypophobia ini, mulailah untuk memberanikan diri berlatih melihat pola gambar dengan kluster berlubang. Yakinlah bahwa dengan cara tersebut gangguan psikis trypophobia ini bisa diatasi dengan mudah.

Semoga bermanfaat!

Loading...

37 Komentar Pembaca untuk “Mengenal Apa Itu Trypophobia dan Bagaimana Cara Mengatasinya

  1. makasih… artikelx sangat bermanfaat… saya lihat bolongan di batu juga geli,, rasa gak nyaman,, bahkan pernah sampai nangis hanya krna melihat lobang2…
    ada solusi lain gak yang untuk menyembuhkan fhobia ini selain membiasakn diri melihat gambar2 y
    tsb?

    View Comment
  2. Saya awal’e malah ga tau kalau yg saya alami itu ternyata trypophobia.. setiap saya liat gambar yg seperti di atas tadi saya langsung merinding kadang gatel2 juga.. apa itu trypophobia???

    View Comment
  3. Tadi nya aku juga ngidap trypophobia tpi skrg udh enggak lagi..krn aku udh sering terapi sendiri dgn cara,aku sllu sempetin setiap hari 1x pasti buka youtube/google cuma buat liat video/gambar lubang2 yg kyk digambar…soalnya dulu aku juga punya phobia ama dan cara aku ngatasin phobia ku dulu juga sama dgn cara ngelawan phobia itu sendiri

    View Comment
  4. saya sangat risi dengan lubang2 spti itu,, jika melihatnya saya langsung gelisah, mrinding, gatal2,,, tpi jika lubang sedikit dan beraturan, saya tidak terlalu risih,, phobia ini berawal dari saya melihat telur kupu2, bgaimana cara mengatasinya ?

    View Comment
  5. @Muhammad ihsan…
    Saya jg ngak tau kalo dalam diri ada penyakit ini.biasanya liat sarang semut,tawon atau lainnya biasa aja.awal ngerasa waktu tiba2 ada iklan lewat waktu baca wa***ad. Tiba2muncul gambar tangan yg lobang2 gitu, rasanya merinding, inget terus waktu liat tangan sendiri ngeri jijik entahlah rasanya gimana… Keyak kebayang terus aja…

    View Comment
  6. Saya penderita phobia ini. Jangankan untuk melihat terus menerus. Sekali melihat saya gatal gatal. Tdk enak makan tdk enak tidur. Pikiran gelisah terbayang si lubang. Phobia saya kyknya sdh parah. Ini baca postingan saya sambil nutupin gambar. Biar ndak lihat. Tp penasaran. Knapa saya kok bisa seperti ini. Berawal dari lihat rendaman kelapa muda yg sdh tua. Akirnya berlanjut spt ini dan sangat membuat saya tdk nyaman.

    View Comment
  7. Saya kalo liat sarang lebah dll yang bentuknya teratur saya biasa aja tapi girilan liat lubang di kayu dan si tangan itu suka bikin saya merinding apa itu trypophobia kelas ringan?

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *