Mengenal Apa Itu Trypophobia dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Mengenal Apa Itu Trypophobia dan Cara Mengatasinya

DOKTERCANTIK.COM – Trypophobia merupakan perasaan takut yang berlebihan dan cenderung tidak masuk akal (fobia) terhadap segala bentuk lubang. Jenis ketakutan terbaru ini ditemukan oleh sekelompok ilmuwan bidang psikologi dari University of Essex di Inggris.

 

Mereka menemukan bahwa penderita trypophobia tidak dapat melihat benda yang memiliki banyak lubang dengan pola berulang (klaster lubang), seperti sarang semut, sarang lebah dan sebagainya.

Penderita trypophobia akan merasakan gejala mual, panik atau malah terserang migren jika secara kebetulan melihat benda-benda berlubang dengan pola tertentu. Selain itu, kadang kala penderita trypophobia juga akan mengalami jantung berdebar dan berkeringat panas.

TERKAIT:  Mengenal Jenis-Jenis Eksim Kulit dan Pengobatannya

Gejala dan Tanda Trypophobia

Penderita trypophobia akan merasakan sejumlah gejala dan tanda ketika terserang perasaan takut akan kulster lubang di hadapannya, seperti:

  • Panik dan perasaan takut yang berlebihan
  • Timbul kecemasan tinggi yang dapat mengurangi respon gerak anggota tubuh
  • Keringat banyak disertai perasaan panas di sekujur tubuh
  • Jantung berdetak sangat kencang bahkan bisa sulit bernapas
  • Pada anak-anak yang menderita trypophobia cenderung akan rewel dan terus menangis karena takut.

Semua gejala-gejala yang disebutkan di atas merupakan dampak psikis akibat fobia terhadap lubang. Sebagaimana diketahui, fobia merupakan ketakutan yang dialami oleh seseorang terhadap suatu obyek yang menimbulkan dampak nyata, yang pada orang yang normal kelihatan tidak masuk akal.

TERKAIT:  Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Penelitian yang dipimpin oleh Geoff Cole tersebut menemukan bahwa kemungkinan penyebab timbulnya ketakutan pada penderita trypophobia adalah karena adanya kemiripan visual pola lubang berulang dengan hewan beracun tertentu.

Mereka juga meyakini bahwa reaksi jijik dan takut (fobia) terhadap klaster berlubang merupakan efek samping dari adaptasi evolusioner untuk menghindari hewan beracun. Hal ini didasari keadaan bahwa pada dasarnya setiap individu memiliki kecenderungan bawaan untuk waspada terhadap hal-hal yang dapat merugikan.

Cara Mengatasi Trypophobia

Trypophobia bukanlah penyakit serius yang tidak dapat disembuhkan. Sebagaimana umumnya fobia, trypophobia sebenarnya bisa disembuhkan secara mandiri.

Caranya adalah dengan sering melihat gambar klaster lubang sehingga penderita menjadi tidak peka terhadap pola lubang berulang. Jika dilakukan secara rutin, maka gangguan trypophobia perlahan akan menghilang seiring dengan terbiasanya penderita melihat pola gambar dengan lubang berulang.

TERKAIT:  6 Cara Terbebas Dari Penyakit Maag Secara Alami

Jadi jika Anda tengah menderita trypophobia ini, mulailah untuk memberanikan diri berlatih melihat pola gambar dengan kluster berlubang. Yakinlah bahwa dengan cara tersebut gangguan psikis trypophobia ini bisa diatasi dengan mudah.

Semoga bermanfaat!