Cream Pemutih Wajah Yashodara

Manfaat Lidah Buaya

Lidah BuayaLidah buaya, siapa yang tidak mengenal tumbuhan yang satu ini. Dalam dunia medis dan ilmu dunia botani,  tumbuhan  ini dikenal dengan nama Aloe vera dan berasal dari benua hitam Afrika. Tumbuhan Aloe vera berwarna hijau pucat dan berbintik- bintik putih di mana pada bagian sisi tangkai atau daunnya bergerigi.

Tinggi pohon lidah buaya kira-kira hanya sekitar 40- 50 cm. Meskipun tanaman ini terbilang pendek dari tanaman lainnya akan tetapi tanaman lidah buaya ini banyak mengandung  zat-zat penting yang di butuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E, kolin, inositol, dan asam folat.

Selain itu, lidah buaya juga diketahui mengandung berbagai senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans ,antrakuinon dan berbagai lektin. Lidah buaya juga disinyalir mengandung lebih dari 70 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya dapat digunakan dalam pengobatan herbal.

Karena banyaknya kandungan zat yang dimiliki oleh lidah buaya ini, maka selain berfungsi dalam perawatan kecantikan, lidah buaya juga digunakan untuk pengobatan luka dan beberapa penyakit tertentu.

Dalam dunia kecantikan, lidah buaya banyak digunakan sebagai masker kulit wajah. Selain itu, campuran gel lidah buaya juga dipakai sebagai bahan luluran untuk kulit badan.

Masker Lidah Buaya Untuk Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam akibat paparan sinar matahari sebenarnya dapat dihilangkan dengan masker lidah buaya. Campurkan 2 sdm jus lidah buaya, 1 sdm gel lidah buaya, 2 tetes minyak essensial mawar kemudian diaduk hingga rata, lalu oleskan ramuan tersebut secara merata pada kulit yang terkena flek dan biarkan hingga 7-10 menit lamanya kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Masker Lidah Buaya Untuk Menghaluskan Kulit dan Mengobati Jerawat

Mau menghaluskan kulit dan mengobati jerawat membandel? Gunakan lidah buaya! Caranya adalah dengan membuang kulit luar dari  1 tangkai  lidah buaya, kemudian potong gel lidah buaya tersebut sekitar 2-3 cm dan oleskan ke seluruh bagian kulit wajah yang kasar atau yang dipenuhi jerawat. Biarkan hingga 15 menit lamanya kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin setiap hari sekali.

Masker Lidah Buaya Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Kesehatan kulit akan terganggu jika regenerasi sel-sel kulit terhambat. Salah satu penyebabnya adalah timbunan sel-sel kulit mati di kulit kita. Nah, masker lidah buaya yang dibuat khusus dapat membantu Anda mengangkat sel-sel kulit mati tersebut dan membuat kulit tampak lebih segar dan awet muda.

Bagaimana caranya? Campurkan saja gel lidah buaya dengan beberapa butir bedak dingin kemudian aduk hingga rata lalu oleskan ke seluruh permukaan kulit, biarkan hingga kering sebelum membilasnya. Gunakan masker ini setiap malam saat menjelang tidur untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati secara optimal.

************

Selain di gunakan sebagai masker kecantikan dan perawatan kulit, lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, di antaranya:

Radang Kulit

Radang kulit karena terpapar sinar matahari terlalu lama dapat diobati secara mudah dengan menggunakan lidah buaya. Oleskan langsung gel lidah buaya pada kulit yang terpapar dan diamkan beberapa menit, lalu bilas dengna air bersih. Jika dilakukan dengan sering, maka bagian kulit yang mengalami peradangan akan lebih cepat sembuh.

Mengobati Luka

Zat saponin yang terkandung dalam lidah buaya dapat menyembuhkan luka pada usus. Selain itu, zat ini juga mampu membersihkan usus serta  merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Beberapa penyakit lain seperti nyeri pada lambung, bisul, radang tenggorokan, penyakit sariawan , ruam pada kulit, dan gigitan serangga juga dapat diobati dengan menggunakan lidah buaya.

Obat Diabetes

Lidah buaya pun dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk diabetes. Pemberian setengah sendok jus lidah buaya selama sekitar 14 minggu telah terbukti dapat mengurangi kadar gula darah sebesar 45 persen.

Mengobati Ketombe

Pasti Anda sudah sering menonton aneka iklan shampo anti ketombe, bukan? Nah, salah satu bahan untuk membuat shampoo anti ketombe adalah lidah buaya. Selain itu, lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Lidah buaya juga dapat  digunakan untuk perawatan rambut sebelum keramas.

Detoksifikasi dan Obat Anti-Stress
Selain sebagai obat, lidah buaya dapat juga dipakai untuk mengeluarkan zat-zat beracun (detoksifikasi) dari dalam tubuh kita. Jus lidah buaya adalah peluruh racun alami. Selain itu, lidah buaya juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang membantu tubuh kita mengatasi stres dan tekanan psikologis dalam kehidupan sehari-hari.
**********

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari tumbuhan lidah buaya ini. Begitu banyaknya manfaat lidah buaya (Aloe vera) untuk kesehatan dan kecantikan membuat kita patut membudidayakan tanaman ini di rumah masing-masing, karena setiap saat dapat digunakan.

Selamat mencobanya!