13 Manfaat Madu dan Kayu Manis

DOKTERCANTIK.COM – Jika Anda sudah mengetahui banyak manfaat madu, sudahkah Anda mengetahui bahwa madu bisa dipadukan dengan kayu manis dan menghasilkan manfaat yang luar biasa? Madu dan kayu manis merupakan dua bahan alami yang selama ini telah diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kombinasi keduanya telah digunakan masyarakat Cina dan India sejak 5000 tahun lalu, karena mengandung enzim yang menghasilkan hidrogen piroksida yang sangat ampuh menghentikan serta membunuh bakteri serta jamur.

13 Manfaat Madu dan Kayu Manis

Kandungan Madu

Sebelum mengetahui manfaat perpaduan madu dan kayu manis, Anda perlu tahu bahwa setiap 100 gramnya madu memiliki kandungan nutrisi berupa karbohidrat, gula, serat pangan, protein, air, riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), kalsium, besi, asam pantotenat (vitamin B5), vitamin B6, folat (vitamin B9), vitamin C, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, dan energi.

Kandungan Kayu Manis

Kayu manis memiliki kandungan senyawa sinamaldehid (turunan dari senyawa fenol), yang memiliki sifat anti-agregasi platelet dan sebagai vasodilasator secara in vitro. Platelet sendiri adalah kolesterol yang menempel pada pembuluh darah dan pegumpalan (agregasi). Platelet pada pembuluh darah dapat menyebabkan terjadinya aterosklerosis atau lemak mengeras pada pembuluh arteri.

Manfaat Madu dan Kayu Manis

Di antara sekian banyak manfaat madu dan kayu manis, berikut ini beberapa manfaat yang wajib Anda ketahui, yaitu:

  1. Menurunkan Kolesterol. Campuran madu dan kayu manis bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh hingga lebih dari 20 persen. Campur 1 sdt madu dengan sejumput bubuk kayu manis pada teh. Minumlah dua kali sehari untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat.
  2. Meredakan Nyeri Sendi. Campuran madu dan kayu manis memiliki efek positif terhadap arthritis kronis. Tambahkan 1 sdt madu dan ½ sdt kayu manis pada air putih, minum dua kali sehari saat perut kosong.
  3. Mengatasi Flu. Campuran air madu hangat dan kayu manis sangat baik untuk menyembuhkan pilek dan sinusitis. Minumlah 2 atau 3 kali sehari.
  4. Menurunkan Berat Badan. Campuran madu dan kayu manis akan membantu mencegah pembentukan lemak. Campurkan 2 sdt madu dengan sejumput bubuk kayu manis dalam air hangat. Minumlah setiap sebelum sarapan dan sebelum tidur saat perut kosong.
  5. Menambah Energi. Campurkan 1 sdt madu dengan segelas air hangat serta sejumput kayu manis. Agar rasanya semakin segar tambahkan perasan air jeruk lemon yang mengandung vitamin C.
  6. Mengurangi Asam Lambung. Taburkan bubuk kayu manis pada 2 sdm madu sebelum makan.
  7. Mengatasi Kerontokan Rambut. Campurkan madu, kayu manis, dan minyak zaitun, aduk hingga merata. Oleskan ke bagian kepala yang mengalami kerontokan. Diamkan selama 15 menit lalu dibasuh.
  8. Mengobati Sakit Gigi. Campur 1 sdt kayu manis dengan 5 sdt madu. Oleskan pada gigi yang sakit. Gunakan 3 kali sehari.
  9. Mengatasi Penggunaan madu dan kayu manis juga bisa membantu pasangan suami isteri yang ingin mendapatkan keturunan.
  10. Mengobati Infeksi Kandung Kemih.Campurkan madu dan bubuk kayu manis secukupnya kemudian minum dengan air hangat.
  11. Mengatasi Susah Buang Gas.Menurut penelitian yang dilakukan di India dan Jepang, ditemukan bahwa konsumsi madu  dan bubuk kayu manis dapat mempermudah buang gas.
  12. Obat Awet Muda.Minumlah secara rutin teh yang dicampur madu dan kayu manis.
  13. Mengobati Jerawat. Campurkan madu dengan bubuk kayu manis, oleskan pada jerawat sebelum tidur dan biarkan sampai keesokan harinya, lalu bersihkan.

**

Itu dia sederet khasiat madu dan kayu manis yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu