5 Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tidak dipungkiri lagi buah pisang selain lezat juga penuh dengan khasiat. Hampir keseluruhan bagian dari pisang bisa dipergunakan oleh anda. Kandungan vitamin A,C,E,G dan berbagai senyawa lainnya menjadi alasan mengapa buah yang satu ini sangat baik untuk kesehatan.

Berikut adalah berbagai manfaat dari buah pisang untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Mood Booster

Pisang diyakini mampu memberi anda mood yang baik untuk memulai aktifitas. Makan lah pisang di pagi hari setelah sarapan dan anda akan menjalani aktivitas seharian dengan mood yang baik. Hal ini disebabkan kandungan dalam pisang memicu pertumbuhan hormon seronotin.

Hormon ini memberi perasaan nyaman dan senang, makanya kadang disebut juga hormon kebahagiaan. Bayangkan betapa menyenangkannya menjalani aktifitas dengan rasa nyaman dan bahagia. Maka itu, konsumsilah pisang.

Rekan sejati untuk program diet

Bagi anda yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, jangan lupakan buah yang satu ini. Makanlah pisang setiap sebelum anda makan. Beri jeda kira-kira 10 menit. Anda akan dibantu mengontrol kuantitas makanan yang masuk ke dalam perut.

Pisang memberi efek kenyang, sehingga otomatis jumlah makanan yang anda konsumsi tidak akan terlalu banyak. Setelah itu lanjutkan aktifitas makan yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh anda, jika membutuhkan serat maka dalam kondisi yang sudah kenyang karena pisang tadi anda bisa konsumsi sayuran saja dan tidak makan nasi.

Amat membantu bukan? Dengan pisang, anda bebas menyesal setelah makan. Menyesal karena makan terlalu banyak.

Membantu kesehatan kulit

Dalam buku Cantik dengan Herbal ala Puteri Keraton diuraikan bahwa pisang bisa mengatasi kulit kaki yang kering. Caranya kupas dan lumatkan buah pisang kemudian tempelkan pada kulit kaki (tumit) yang bermasalah. Setelah 10 menit, bilas dengan air hingga bersih.

Atau anda bisa lumatkan pisang ambon kemudian tambahkan minyak zaitun lalu oleskan pada kulit wajah, langkah ini akan berkhasiat untuk membuat kulit wajah yang kering menjadi lembab.

Penghilang bekas luka

Bagi yang pernah mengalami tentu masih ingat ketika kecil dulu nenek mengusapkan kulit pisang ke bekas luka yang ada di badan kita. Benar sekali, kulit pisang bisa membantu anda menghilangkan bekas luka karena penyakit gatal dan kemudian kita garuk dengan tidak sabar. Memang khasiatnya hanya terasa pada bekas yang ditimbulkan oleh rasa gatal.

Untuk luka karena kecelakaan, tersayat pisau cukup dalam atau sebab serius lainnya belum bisa ditangani dengan kulit pisang. Tapi untuk bekas karena gatal, anda boleh coba. Bagian dalam dari kulit pisang anda usap-usapkan ke kulit anda. Lakukan agak lama sekitar 10 menit. Kadang setelah anda usapkan malah memicu rasa gatal datang, nah, tahan keinginan anda untuk menggaruk. Diamkan beberapa saat, setelah itu anda bersihkan dengan air.

Mengobati berbagai penyakit

Wikanda Satria Putra menuliskan dalam bukunya Sehat Tanpa Dokter dengan Ramuan Herbal bahwa sakit kuning bisa diobati dengan makan buah pisang emas yang sudah dimasak.

Cacar air bisa diobati dengan cara memarut buah pisang kluthuk yang masih mentah kemudian dicampur dengan gula merah, lalu ambil airnya kemudian disaring dan diminum. Bahkan anda juga bisa sembuh dari diare dengan makan buah pisang kepok mentah yang sudah dibakar.

Selamat mencoba dan semoga membantu.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *