Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Penderita Asam Urat

Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Penderita Asam Urat

DOKTERCANTIK.COMAsam urat terjadi karena adanya zat purin yang berlebihan dimana ginjal tidak lagi mampu mengeluarkannya dari tubuh sehingga menumpuklah di persendian. Sebenarnya, tubuh boleh saja mengandung zat purin dan itu normal, hanya saja jika jumlahnya berlebih yang akan mengakibatkan anda menderita penyakit asam urat.

 

Bila penyakit ini kambuh, anda sebagai penderita asam urat akan sangat terganggu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari karena persendian akan terasa sangat nyeri. Anda bisa saja memaksakan diri dengan segala kekuatan yang ada namun tetap saja rasanya akan sangat tidak nyaman.

Cara Membuat Rebusan Daun Sirsak

Untuk mengatasi asam urat, cobalah untuk mengonsumsi air rebusan daun sirsak. Obat alami ini akan sangat banyak membantu anda.

TERKAIT:  Tips dan Cara Memanjangkan Rambut

1. Ambil 10-15 daun sirsak, Bersihkan daun-daun tersebut. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel di daunnya. Anda boleh gunakan cairan pembersih sayuran saat mencuci daun-daun tersebut.

2. Masukkan daun yang sudah dicuci tadi ke dalam wadah untuk merebus. Tuangkan air yang cukup banyak sampai daun sirsak itu terendam semuanya. Jadi, masukkan daun sirsak ke dalam wadah merebus dari sejak awal anda akan merebus airnya, bukan saat air sudah mendidih.

3. Rebus terus daun sirsak tersebut sampai air yang ada di dalam wadah tersisa kira-kira sekitar 2 gelas saja. Ketika air sudah mencapai jumlah tersebut proses merebus sudah boleh dihentikan

4. Selama anda belum meminum air rebusan daun sirsak tadi, biarkanlah air rebusan tersebut tetap berada di dalam wadah, tidak perlu pisahkan air dari daun-daun sirsak yang sudah direbus tadi

TERKAIT:  Penyakit Buras

5. Konsumsi air rebusan tersebut dua kali sehari, sebaiknya pagi dan sore hari

Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara teratur bukan berarti anda menjadi bebas mengonsumsi jenis makanan apapun. Penyakit ini umumnya disebabkan karena pola gaya hidup yang berkaitan dengan makanan, namun juga bersifat genetik. Anda lebih berisiko terkena asam urat jika dalam keluarga anda sudah ada riwayat penyakit ini.

Oleh karena itu ada baiknya jika anda mengunjungi tenaga mendis profesional untuk cek/tes kadar asam urat sebagai bentuk penanganan yang lebih dini.

Zat purin juga terdapat dalam makanan, oleh karena itu pola makanan anda juga jangan asal-asalan. Disarankan anda tetap mengurangi makanan yang menjadi pantangan penderita asam urat seperti kacang-kacangan, seafood dan jeroan.

TERKAIT:  Cara Mencegah Diabetes

Bahkan dari pengalaman teman-teman saya, anda boleh mencoba untuk konsumsi makanan yang termasuk program healthy diet, dan dari aspek medis ternyata kedua hal tersebut –healthy diet dan asam urat- sangat berkorelasi. Semuanya ini bertujuan agar anda dapat memanage asam urat anda dengan lebih baik sehingga anda bisa tetap produktif dan berkarya.

Semoga membantu.