Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut RontokRambut rontok bisa terjadi pada siapa saja, terutama pada kaum lelaki dan pada perempuan. Pada laki-laki, rambut rontok acapkali tidak dianggap masalah serius, apalagi jika dialami oleh mereka yang terlalu banyak berpikir atau dengan beban kerja yang berat. Bahkan kepada fenomena kebotakan pun, sebagian laki-laki masih berpandangan positif.

Lain halnya jika rambut rontok atau kebotakan terjadi pada wanita. Soalnya, rambut bagi wanita adalah salah satu elemen kecantikan yang paling kentara untuk orang lain. Jika kondisi rambut tidak sehat, gugur dan rontok, maka kepercayaan dirinya bisa terganggu.

Rambut rontok jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan kebotakan secara permanen. Untuk dapat mengatasi rambut rontok dengan baik, maka terlebih dahulu Anda mengenal apa yang menjadi panyebabnya.

Penyebab Rambut Rontok

Ada banyak hal yang dapat memicu terjadinya rambut rontok hingga kebotakan, antara lain:

Diet Rendah Kalori

Kerontokan rambut akibat kekurangan kalori pada umumnya terjadi pada mereka yang sedang menjalani diet ketat yang rendah kalori. Kekurangan kalori dapat menyebabkan seseorang  dehidrasi, mudah letih serta  kekurangan protein  yang menyebabkan kerusakan dan kerontokan pada rambut.

Faktor Stres

Tingkat stres yang tinggi dapat membuat folikel rambut terganggu karena peningkatan sel darah putih. Nah, sel darah putih inilah yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Jika hal ini terjadi, sebaiknya lakukan relaksasi dan hindari stres yang berlebihan dengan melepaskan diri dari berbagai beban kerja sejenak.

Conditioner Berlebihan

Pengguanaan condisioner yang berlebihan akan membuat rambut jadi rapuh dan mudah putus, dan bisa mengakibatkan kerontokan. Hal ini terjadi karena beberapa kondisioner rambut  mengandung protein yang membentuk rantai dan senyawa tertentu yang menjadi pemicu kerontokan rambut.

Anemia

Anemia juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Kekurangan zat besi dalam darah menyebabkan folikel rambut kurang kurang ternutrisi dengan baik sehingga pertumbuhannya terganggu, dan bahkan bisa rontok.

Masih ada penyebab lain dari rambut rontok yang tidak dijelaskan di sini, tetapi setidaknya Anda sudah bisa mengetahui beberapa di antaranya di atas.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Cepat

Nah, untuk mengatasi rambut rontok, Anda mungkin perlu mencoba beberapa cara di bawah ini:

  • Pilih kondisioner dan hair tonic yang mengandung gingseng untuk menyuburkan rambut Anda sekaligus meransgang pertumbuhan rambut baru.
  • Hindari terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung cafein agar pertumbuham rambut Anda normal kembali.
  • Tingkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein dan zat besi sebagai nutrisi pertumbuhan rambut dapat diperoleh dari  ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.
  • Kurangi  penggunaan  produk  berbahan kimia dalam melakukan perawatan rambut seperti minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut.
  • Gunakan ampas teh hijau untuk mencegah kerontokkan rambut dengan cara membalurkannya secara langsung pada kulit kepala sambil melakukan pemijatan secara perlahan untuk melancarkan sirkulasi darah di daerah kulit kepala dan rambut.

************

Cara mengatasi rambut rontok dengan cepat dapat dilakukan melalui perawatan dan penanganan yang tepat. Cegah kebotakan akibat kerontokkan rambut dengan menghindari penyebabnya.

Bukankah mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati?