4 Bahan Herbal Untuk Melebatkan Rambut

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu ciri rambut sehat adalah rambut yang lebat. Karena itu memiliki rambut demikian tentu menjadi keinginan semua orang, terutama para wanita. Sebenarnya rambut memiliki fase sendiri untuk tumbuh sampai dengan rontoknya.

Anda bisa membantu fase tersebut berjalan dengan sehat dengan menggunakan beberapa bahan herbal untuk melebatkan rambut di bawah ini :

1. Kemiri

Kemiri diketahui mengandung beberapa asam lemak jenuh dan tak jenuh yang baik untuk rambut. Biasanya bumbu dapur yang satu ini pasti tersedia di rumah karena sering digunakan saat memasak.

Ambil kemiri secukupnya kemudian dihaluskan (ditumbuk). Setelah itu disangrai agar mengeluarkan minyak. Anda boleh gunakan sedikit air saat proses sangrai. Nantinya minyak kemiri tersebutlah yang digunakan. Oleskan ke kulit kepala sambil dipijat. Gunakan secara merata. Diamkan 15-20 menit lalu bilas rambut anda hingga bersih seperti biasa.

2. Daun Seledri

Ny. Sri Kartodimedjo dalam bukunya menjelaskan fungsi daun seledri bagi rambut. Bagian yang digunakan adalah bagian tangkai. Sediakan dalam jumlah secukupnya lalu cucilah sampai berish. Setelah itu haluskan (tumbuk). Kemudian usapkan di kulit kepala dan rambut yang sudah dicuci (keramas).

Pastikan diusapkan secara merata di bagian rambut dan lupa lakukan pijatan ringan di kulit kepala. Setelah itu bungkus rambut anda dengan handuk. Biarkan selama 30 menit-1 jam. Lalu bilaslah dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan langkah ini seminggu sekali.

3. Lidah Buaya

Resep ramuan yang satu ini berasal dari ibu saya. Ibu anda juga pernah menyarankan hal yang sama bukan? Gunakan bagian daging lidah buaya yang tentunya sudah anda cuci bersih terlebih dahulu. Usapkan pada rambut dari pangkal hingga ujung sambil dipijat-pijat supaya merata. Biarkan selama 15 menit.

Setelah itu anda bilas dan keramas hingga bersih. Anda harus pastikan keramas yang bersih, karena jika tidak akan meninggalkan rasa gatal yang mengganggu di kepala anda.

4. Buah Melon

Ambil buah melon secukupnya, kupas dan bersihkan. Anda boleh menggunakan cairan pencuci sayur/buah agar semakin yakin dengan kebersihannya. Kemudian buah melon tadi diblender hingga halus. Potong kecil terlebih dahulu agar membantu proses pelumatannya. Tuangkan melon yang telah dihaluskan tadi ke dalam wadah lalu gunakan pada rambut (yang sudah dikeramasi) anda seperti menggunakan obat creambath. Biarkan hingga 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Harap diingat, jika ramuan melon yang anda buat tidak habis dalam sekali penggunaan, sisihkanlah terlebih dahulu pada wadah yang terpisah agar tetap bersih (tidak bekas terkena tangan) dan bisa digunakan di kemudian hari.

**

Semua bahan-bahan tersebut amat mudah ditemukan. Anda cukup menyisihkan waktu untuk “repot” sedikit untuk mempersiapkan ramuannya. Hal ini lebih baik karena menggunakan bahan alami.

Menggunakan produk-produk kecantikan yang dijual di pasaran memang terasa lebih efisien karena anda tinggal memakai saja, namun kandungan bahan-bahan kimia di dalamnya tetap memiliki efek samping yang tidak baik untuk tubuh. Cobalah bahan-bahan herbal di atas untuk mendapatkan rambut lebat impian anda.

Semoga membantu.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *