Cara Jitu Mengencangkan Perut Buncit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Banyak orang ingin memiliki perut yang tidak buncit. Perut “rata”, demikian t=yang sering disebut dalam ucapan sehari-hari. Sebenarnya yang perlu anda peroleh adalah tubuh yang kencang. Tubuh yang kencang akan tampak salah satunya dalam bentuk perut “rata” yang tidak ada lipatan dan tumpukan lemak. Anda bisa memperolehnya dengan olahraga, karena itu pilihlah olahraga untuk mengencangkan tubuh seperti yoga dan latihan beban.

1. Yoga

Yoga terdiri dari bermacam-macam gerakan. Mulai dari yang mudah sampai yang sangat rumit. Gerakan yoga harus pula dibarengi dengan mengatur pernafasan. Sasaran dari masing-masing gerakan yoga berbeda-beda.

Untuk mengencangkan perut anda cobalah gerakan uthkatasana, atau sering juga disebut dengan chair pose. Gerakan ini akan mengencangkan otot pinggul, dada, spine dan tentu saja mengusir lemak di daerah perut.

Gerakannya persis seperti waktu anda duduk di kursi, namun kali ini kursi itu tidak ada (imaginary chair saja). Lalu pertemukan kedua telapak tangan anda kemudian angkat ke atas. Lakukan gerakan ini selama mungkin yang bisa anda tahan. Akhiri dengan luruskan lutut (kaki anda) dan turunkan tangan ke arah dada.

Bagi pemula, jangan terlalu memporsir diri sendiri. Anda mungkin akan merasa pegal pada awal-awal anda melakukan gerakan ini, namun seiring waktu anda akan makin terbiasa.

Untuk memastikan anda melakukan gerakan dengan benar, ada baiknya anda lihat video tutorial dari gerakan uthkatasana (chair pose), agar anda sekaligus bisa ikuti intruksi pengaturan nafas. Cukup ketikkan kata kunci uthkatasana atau chair pose di mesin pencari yang anda gunakan. Oh ya, gerakan ini sekaligus pula mengencangkan lengan anda. Menarik bukan?

2. Latihan Beban

Beban dalam hal ini adalah berat tubuh anda sendiri, jadi tidak menggunakan alat. Latihan yang bisa anda coba terdiri dari push up, sit up, bridging dan squat. Dalam tempo.co, Simon Rama Hersa seorang instruktur kebugaran menguraikan bahwa push up untuk mengencangkan dada dan bahu, squat dan bridging untuk mengencangkan area pada paha dan bokong.

Nah, jika semua dilakukan dengan baik maka otot perut akan ikut terbentuk. Berdasarkan penjelasan Simon, berikut detail gerakan yang harus anda lakukan :

  • Bridging, posisi terlentang dan tekuk kedua kaki agak rapat lalu pinggul diangkat ke atas, sehingga lutut, pinggul dan bahu sejajar 180 derajat. Turunkan tubuh anda perlahan-lahan, kemudian ulangi lagi gerakan tersebut.
  • Squat, merupakan gerakan jongkok dan bangun secara bergantian. Lutut tidak boleh melewati ujung kaki dan bokong diturunkan hingga 45 derajat sejajar posisi lutut. Dada membusung sedangkan kepala dan punggung tetap harus tegak lurus.

Baik bridging dan squat idealnya diulang 15 kali dalam satu set. Dalam seminggu lakukan 3-4 kali sebanyak 2-5 set. Untuk sit up dan push up bisa anda lakukan secara teratur, namun untuk awalnya jika dirasa sulit anda boleh memodifikasi gerakannya.

Syarat utama untuk semua gerakan (yoga dan latihan beban) tersebut adalah konsisten. Jika anda hanya lakukan sesekali atau sesempatnya, jangan terlalu berharap mendapatkan hasilnya. Tidak ada sehat dan kencang yang bisa diperoleh dengan cara instan.

Kedua adalah disertai dengan pola makan yang baik. Jangan sampai anda mengurangi makan atau tidak makan sama sekali demi langsing. Tindakan itu hanya akan merusak tubuh anda. Mungkin saja anda akan kehilangan berat badan dan merasa langsing tapi di kemudian waktu anda harus bolak balik ke rumah sakit karena penyakit datang yang dipicu kurangnya asupan nutrisi untuk tubuh.

Jadi pastikan anda punya tubuh yang kencang dan sehat!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *