Waspadai Bahaya Wanita Perokok!

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Anda seorang wanita perokok? Sebaiknya Anda berhati-hati dan menghentikan kebiasaan tersebut, karena ternyata sangat banyak bahaya yang ditimbulkan akibat rokok yang Anda hisap. Jika Anda menyayangi diri Anda dan keluarga, coba Anda simak artikel berikut ini.

Mengapa Rokok Menimbulkan Ketagihan?

Di dalam rokok terkandung nikotin, zat adiktif penyebab ketergantungan. Nikotin mempengaruhi keseimbangan kimia pada otak, khususnya dopamine dan norepinephrine, cairan kimia otak yang mengendalikan rasa bahagia dan rileks. Nikotin menyebabkan level mood dan konsentrasi berubah. Perokok akan merasakan kenikmatan dan kesenangan.

Di saat tersebut, otak melakukan pertahanan dengan mengeluarkan cairan kimia “anti-nikotin” yang justru mengakibatkan depresi, mood menurun, dan gelisah ketika tidak merokok. Dua hal inilah yang menyebabkan seseorang sulit sekali untuk berhenti merokok.

Bahaya Rokok pada Wanita

Peringatan yang selalu tertulis pada kemasan rokok bukanlah omong kosong, namun mengapa banyak orang yang seringkali mengabaikannya? Berikut adalah bahaya dan efek negatif rokok bagi wanita:

1. Bahaya Rokok terhadap Kesehatan

  • Gangguan ginekologi. Tembakau mengurangi sekresi estrogen dan meracuni indung telur sehingga terjadi gangguan menstruasi (perdarahan abnormal, amenore (tidak adanya periode), vagina berbau, atau infeksi), perubahan nada suara, peningkatan bulu tubuh, mempercepat menopause dan memperbesar resiko kanker serviks.
  • Penyakit kardiovaskular. Penggunaan pil kontrasepsi dan rokok menyebabkan penggumpalan darah, serangan jantung, dan stroke.
  • Kanker paru. Resiko kanker paru pada wanita perokok cenderung 5x lebih besar, karena wanita mempunyai hormon estrogen yang dapat memperbesar resiko terkena kanker paru.
  • Kerusakan tulang dan otot. Wanita perokok memiliki resiko 2x lebih besar terkena arthritis, dan penyakit ini masih bisa menyerang meskipun sudah berhenti merokok.
  • Kerusakan hati. Perbedaan struktur biologis menyebabkan resiko kerusakan hati wanita perokok 25% lebih besar daripada pria.
  • Kanker rongga mulut, tekak, dan kerongkongan. Rangsangan kronis asap rokok pada ketiga organ ini dapat memicu pembentukan sel-sel kanker.
  • Kanker payudara. Zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok dapat memicu terbentuknya sel-sel kanker payudara.

2. Bahaya Rokok terhadap Kehamilan

  • Menurunkan kesuburan hingga 50%. Tembakau menyebabkan lendir leher rahim mengental, penurunan respons ovulasi, gangguan pembuahan, mencegah perkembangan sperma, menurunkan level estrogen yang dapat mengurangi kualitas dinding rahim dan membatasi aliran darah yang diperlukan untuk implantasi telur, serta meningkatkan risiko keguguran hingga 3 kali lipat.
  • Penyakit radang panggul. Penyakit ini sering merupakan faktor dalam kehamilan ektopik, serta perlengketan pelvis dan masalah kesuburan lainnya.
  • Mengganggu pertumbuhan janin. Akibat kurangnya pasokan oksigen, resiko BB bayi lahir rendah meningkat, dan kelak sang anak menjadi lebih sering mengalami pilek, sakit telinga, masalah pernapasan, dan penyakit serius lainnya.
  • Menghasilkan 25% ASI lebih sedikit

3. Bahaya Rokok terhadap Kecantikan

  • Menyebabkan kulit kusam. Terjadi karena kurangnya oksigenasi kulit. Selain itu kulit juga menjadi kendur mempercepat timbulnya keriput.
  • Menguruskan badan. Merokok mengurangi sensitivitas terhadap rasa dan bau. Nikotin memperlambat penyimpanan lemak dan meningkatkan pengeluaran energi sampai 200 kalori per hari, serta mengurangi nafsu makan.

4. Bahaya Perokok Pasif

Orang yang menghisap asap dari perokok di dekatnya memiliki resiko lebih besar terkena penyakit jantung, saluran pernafasan dan juga kanker, akibat berbagai senyawa beracun dalam asap rokok tersebut. Hal ini juga bisa menimpa bayi dan anak-anak.

Cara Berhenti Merokok

Setelah mengetahui bahaya rokok, sebaiknya Anda mengingatkan diri Anda dan orang-orang terdekat Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok, yaitu dengan cara:

  • Bulatkan tekad untuk berhenti merokok, beritahu keluarga dan rekan agar mereka memberi dukungan.
  • Jauhi lingkungan perokok dan kebiasaan yang mengundang keinginan merokok.
  • Konsumsi permen, coklat atau cemilan sehat lainnya sebagai pengganti rokok setelah makan, saat bekerja atau iseng.
  • Banyak minum air putih sebagai detoksifikasi.
  • Perbanyak tidur untuk melupakan keinginan merokok.

**

Nah, jangan ragu ya, patahkan rokok Anda sekarang juga, demi kesehatan Anda dan keluarga.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *