Jangan Malu Menjadi Ibu Rumah Tangga!

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Profesi sebagai ibu rumah tangga seringkali dianggap rendah oleh masyarakat. Wanita karir dipandang lebih hebat, lebih berpendidikan, lebih pintar dan lebih dihargai keberadaannya. Apakah pendapat itu benar? Mari kita simak artikel berikut ini, untuk mengetahui beberapa kelebihan menjadi ibu rumah tangga.

Menjadi Ibu Rumah Tangga Berarti Menjaga Diri dari Fitnah

Wanita yang mengurus rumah tangga adalah lebih baik daripada wanita yang selalu pergi keluar rumah, karena bisa terhindar dari hal-hal yang buruk seperti perselingkuhan dan kejahatan dalam pekerjaan (persaingan tidak sehat, korupsi, dan lain-lain).

Memang tidak ada jaminan bahwa ibu rumah tangga akan terbebas dari hal-hal tersebut, namun kemungkinannya lebih kecil, karena disibukkan dengan mengurus anak-anak dan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Hasil Penelitian Tentang Ibu Rumah Tangga

Beberapa penelitian telah menunjukkan bagaimana penting dan berharganya pekerjaan ibu rumah tangga, di antaranya adalah:

  • Ibu Rumah Tangga Sama Profesionalnya dengan Wanita Karir

Dalam bukunya yang berjudul “Membangun Budaya Berbasis Nilai”, Fidelis E. Waworu menuliskan bahwa Jepang memiliki kebijakan ryosai kentro atau istri yang baik dan ibu yang arif. Sistem pendidikan dan kebudayaan Jepang mengandalkan perempuan dalam membesarkan anak. Jadi, masa depan Jepang dibentuk oleh tangan para perempuannya.

Kaum ibu di Jepang meyakini bahwa keberhasilan seorang ibu terlihat dari keberhasilan anaknya di lingkungan masyarakat. Wanita Jepang berpendidikan tinggi agar bisa mendidik anak-anak mereka sebaik-baiknya. Kadangkala mereka harus resign demi keluarga.

Menurut mereka, ibu rumah tangga dan wanita karir sama-sama profesional. Aplikasi dari ilmu yang dipelajari di perguruan tinggi digunakan untuk mengatur rumah tangga dan mendidik anak.

Di rumah, para ibu membentuk karakter anak dengan disiplin. Hal ini memudahkan guru dalam kegiatan pembelajaran. Hubungan ibu dan anak pun sangat kuat. Para ibu juga menjadi manager rumah tangga yang sangat dibanggakan.

  • Ibu Rumah Tangga Lebih Bahagia daripada Wanita Karir

Ibu rumah tangga merasa dirinya lebih berharga sebagai perempuan, karena mereka jarang mengalami rasa bosan dan frustasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa ibu rumah tangga memberikan skor 8 hingga 10 untuk kehidupan mereka. Sedangkan wanita karir hanya memberikan skor rata-rata 7,8.

Ibu rumah tangga merasa puas menjalani hidupnya karena jauh dari rasa cemas dan bisa memanfaatkan banyak waktu bersama anak-anak. Walaupun menjadi ibu rumah tangga penuh tantangan, namun rasanya memuaskan dan berharga, sehingga mereka enggan kembali bekerja.

Tips Ibu Rumah Tangga Modern

Supaya Anda bisa tetap berprestasi dan tidak menjadi ibu rumah tangga yang ketinggalan jaman, ada baiknya Anda perhatikan tips berikut ini:

  1. Fokus dengan pekerjaan rumah tangga. Sah-sah saja seorang ibu rumah tangga memiliki bisnis sampingan seperti berjualan atau menjadi freelance writer¸ asalkan tetap memprioritaskan urusan anak-anak dan pekerjaan rumah tangga lainnya.
  2. Tetap bersosialisasi. Berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat juga penting, sejauh tidak mengganggu keluarga. Keberadaan sosial media bisa dimanfaatkan untuk tetap eksis dalam komunitas tertentu. Tetapi, hindari perkumpulan yang sia-sia seperti bergosip dan hura-hura.
  3. Buat sesuatu yang baru. Untuk menghilangkan kejenuhan, lakukan suatu kreatifitas selepas menyelesaikan semua pekerjaan rumah tangga, misalnya dengan menggunakan barang bekas di rumah. Ajak suami dan anak-anak berekreasi ke tempat-tempat yang penuh kejutan.

**

Jadi, jika Anda cerdas dan kreatif, Anda tetap bisa menerapkan ilmu yang telah ditempuh selama ini dalam rumah tangga Anda. Bahkan Anda bisa memiliki wawasan lebih luas, karena memiliki waktu yang cukup untuk mengumpulkan ilmu sebanyak-banyaknya tanpa harus terikat jam istirahat kerja atau teguran dari atasan.

Selamat menikmati profesi ibu rumah tangga!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *