8 Manfaat Kesehatan Buah Mangga

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tidak hanya karena rasanya yang manis atau aroma nya yang wangi, mangga ternyata bermanfaat untuk membantu anda melawan penyakit. Mulai dari kolesterol, diabetes bahkan kanker sekalipun. Buah mangga memiliki kandungan phemolic dan carotenoid compounds (gallotannins, alpha carotene, beta cryproxanthin dan lainnya) yang bermanfaat untuk melawan beberapa tipe kanker. Buah mangga juga bisa membantu kulit anda tetap berseri.

Dikutip dari newhealthguide.org, berikut informasi manfaat mangga untuk kesehatan anda :

1. Melawan kanker

Kandungan senyawa antioksidan bersama dengan quercetin, astragalin, isoguercitrin, fisetin, methyl gallate, gallic acid dan enzim penting lainnya yang terdapat dalam mangga membantu melawan leukemia, kanker payudara dan kanker prostat.

2. Mengurangi kolesterol

Ada dua jenis kolesterol yang kita kenal yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kadar LDL yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung. Konsumsilah mangga, karena memiliki kadar penctin, vitamin C dan serat yang tinggi. Beberapa kandungan dalam mangga tersebut bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

3. Diabetes

Untuk penyakit yang satu ini, yang anda gunakan adalah rebusan daun mangga. Minum secara teratur rebusan dari daun mangga untuk membantu mengurangi kadar insulin dalam darah.

Anda tetap diperbolehkan mengonsumsi buah mangga karena buah mangga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak memberi efek buruk terkait kadar gula darah. Perlu diingat, penderita diabetes amat disarankan mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

4. Mendinginkan Badan saat Cuaca Panas

Belakangan ini cuaca sering sangat ekstrim, jika panas akan sangat panas, demikian juga saat hujan. Cuaca panas tentu saja membuat anda merasa gerah dan kepanasan. Minumlah jus mangga (kalau bisa mangga yang hijau). Tambahkan pemanis ke dalamnya. Minuman tersebut akan membantu mendinginkan badan, terutama saat panas ekstrim.

5. Imun tetap kuat

Sistem imun dalam tubuh sistem kekebalan atau pertahanan tubuh kita. Semakin baik sistem imun anda, maka semakin kuat anda dalam menghalau serangan bakteri, virus dan berbagai infeksi. Tentu saja anda menjadi semakin sehat. Kandungan vitamin A, C yang tinggi dan beberapa jenis karotenoid ditambah dengan kandungan antioksidan didalamnya akan menjaga sistem imun tetap kuat.

6. Mempercantik Kulit

Mangga memiliki nutrisi yang bisa mencegah kulit menjadi kusam. Manfaat bagi kulit wajah adalah untuk mengurangi jerawat dan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat.

7. Kesehatan Mata

Mengonsumsi satu porsi (semangkuk) mangga sama dengan 25 persen dari kebutuhan vitamin A harian anda. Bagi anda yang menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer dan memiliki keluhan mata kering amat disarankan untuk mengonsumsi buah mangga. Khasiat buah mangga berikutnya adalah mengobati rabun senja, dengan demikian, ketajaman penglihatan anda semakin meningkat.

8. Meningkatkan Libido (Sex Drive)

Mangga dapat meningkatkan sex drive seseorang berkat kandungan vitamin E nya.

**

Selain deretan manfaat baik di atas, ada satu hal yang harus anda perhatikan berkaitan dengan alergi. Hati-hati bagi yang alergi latex, karena adanya kandungan anacardic acid (terutama mangga yang hijau).

Pastikan sebelum dikonsumsi anda cuci bersih mangga tersebut. Anda bisa menggunakan cairan pembersih untuk sayuran dan buah yang bisa anda temukan di pasaran. Langkah ini berguna untuk menghindarkan calcium carbide yang sering digunakan para penjual/produsen untuk membuat mangga matang lebih cepat.

Semoga membantu.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *