Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Beruban

Rambut Beruban Pada WanitaRambut beruban adalah hal yang biasa dialami manusia, lumrah terjadi pada usia tua atau dikenal juga dengan istilah uban alamiah. Namun terkadang rambut beruban juga muncul di saat  usia masih terbilang muda, dikenal dengan istilah uban prematur.

Ada banyak sekali penyebab munculnya rambut beruban. Namun secara umum penyebab rambut beruban tersebut dapat dibedakan menjadi dua saja, yaitu karena penyebab karena faktor intrinsik dan karena faktor ekstrinsik.

Faktor-faktor intrinsik yang dapat menyebabkan terjadinya uban antara lain seperti gangguan hormon, enzim, genetik atau karena pengaruh usia.

Faktor ekstrinsik yang menjadi penyebab timbulnya rambut beruban antara lain seperti toksin (racun) akibat penggunaan berbagai zat pewarna rambut atau shampo, perubahan iklim, tingkat polusi udara yang tinggi atau karena rambut terkontaminasi dengan bahan kimia yang merusak folikel rambut.

Faktor Instrinsik Penyebab Rambut Beruban

Munculnya rambut beruban disebabkan karena masalah sintesa protein, di mana sel melanosit tak mampu lagi menghasilkan pigmen melanin sehingga rambut menjadi kehilangan warnanya. Hal ini seringkali dihubungkan dengan bertambahnya usia.

Penurunan fungsi sel melanosit ini bisa disebabkan karena kerusakan kolagen dalam tubuh akibat menurunnya kadar enzim katalase. Sebagaimana diketahui, enzim katalase berfungsi untuk menguraikan hidrogen peroksida menjadi hidrogen dan air di dalam tubuh. Jika kadar enzim katalase sangat sedikit, hidrogen peroksida tak dapat terurai dengan sempurna, sehingga dapat merusak kolagen.

Kolagen sendiri adalah adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia dan keberadaannya dapat mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Kolagen ini merupakan struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, rambut dan kulit.

Stres, kurang gizi, syok, kekhawatiran atau kesedihan yang mendalam, ketegangan tinggi dan sakit keras juga bisa memperlambat produksi melanin sehingga muncullah rambut putih atau uban.

Selain itu, uban juga bisa disebabkan oleh faktor genetik, bahkan hal merupakan faktor pencetus yang cukup kuat. Jika ayah atau ibu Anda sudah beruban ketika menginjak usia 30-an, Anda pun kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama.

Faktor Ekstrinsik Penyebab Rambut Beruban

Ada banyak faktor eksternal yang bisa memicu tumbuhnya rambut beruban. Kebiasaan merokok adalah salah satunya.  Nikotin dalam rokok yang terserap dalam darah akan menghambat aliran nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar dan menghambat pertumbuhan rambut.

Selain karena merokok, diet yang tidak benar juga dapat menyebabkan pertumbuhan uban. Jika asupan gizi dan mineral penting untuk pertumbuhan rambut tidak terpenuhi dengan baik, maka rambut akan lebih rentan rusak, termasuk menguban.

Penggunaan pewarna rambut yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab eksternal tumbuhnya rambut beruban. Ketahuilah bahwa zat-zat pewarna rambut tidak hanya menempel di batang rambut saja, tetapi juga akan meresap ke dalam pori-pori kulit kepala. Akibatnya zat kimia yang terkandung dalam pewarna tentu akan mempengaruhi kesehatan rambut.

Penggunaan shampo yang tidak cocok untuk rambut juga menjadi penyebab tumbuhnya uban. Saat ini ada banyak sekali produk shampo yang beredar di pasaran dan tidak semuanya cocok dengan kondisi rambut Anda. Kesalahan dalam penggunaan shampo dapat menyebabkan kerusakan rambut, tumbuhnya ketombe hingga ubanan.

Cara Mencegah Rambut Beruban

Untuk mencegah tumbuhnya rambut beruban, Anda perlu menjaga kesehatan rambut itu sendiri. Melakukan diet yang benar dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan rambut, tentu dapat mencegah kerusakan rambut.  Tingkatkan kadar enzim katalase dalam tubuh dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B6 dan asam folat.

Selain itu, menghindari kebiasaan merokok juga bisa dijadikan sebagai langkah penting untuk menghindari tumbuhnya uban. Hidup sehat dan teratur juga bisa menjaga rambut dari kerusakan dan tumbuhnya uban. Berolahragalah secara teratur, meskipun sebentar saja setiap harinya.

Jika harus menggunakan pewarna rambut, pilihlah pewarna rambut yang lebih banyak mengandung bahan-bahan herbal alami.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki resiko tinggi terkena uban karena faktor genetik, maka beri perhatian ekstar untuk perawatan rambut Anda. Mengonsumsi vitamin rambut, atau menggunakan cara alami untuk menyuburkan rambut bisa menjadi langkah alternatif.

Cara Mengatasi Rambut Beruban

Jika sudah terlanjur memiliki rambut beruban, maka terlebih dahulu Anda perlu melakukan evaluasi terhadap gaya hidup yang ada. Apakah selama ini Anda merokok? Atau terlampau sering menggunakan pewarna rambut? Jika ya, maka hentikan semua hal tersebut!

Mulailah memberikan perhatian lebih untuk rambut Anda. Mengkonsumsi pil vitamin yang mengandung katalase adalah salah satu cara mengobati rambut beruban. Hanya saja, perlu diingat bahwa rambut yang sudah beruban biasanya sulit untuk disembuhkan dalam waktu yang singkat. Anda perlu bersabar dan tekun merawat rambut sendiri jika ingin mengembalikan kesehatannya.

Selain itu, mungkin tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa cara alami untuk merawat dan mengurangi laju pertumbuhan uban di rambut Anda. Apa saja itu?

  1. Gunakan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis sebagai bahan keramas pada rambut setiap kali mandi. Pijat selama beberapa saat agar campuran tersebut meresap baik hingga ke kulit kepala dan akar rambut, lalu biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Banyak wanita yang melakukan hal ini setiap hari, dan rambutnya bisa tetap hitam sampai usia 60-an.
  2. Campuran secangkir teh yang pekat dengan satu sendok makan garam juga bisa digunakan untuk menyehatkan rambut.  Caranya dengan membasuhnya ke rambut diikuti dengan pemijatan kulit kepala. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa sampo. Jika dilakukan secara teratur, hasilnya pasti akan lebih optimal.
  3. Daun pacar rambut juga dapat dipakai untuk menghitamkan rambut yang sudah terlanjur beruban. Caranya dengan mengeringkan daun pacar, menumbuk dan melarutkannya dengan air, lalu digunakan sebagai semir rambut.
  4. Memenuhi kebutuhan nutrisi rambut adalah cara bijak mencegah dan menghambat pertumbuhan uban dengan mengkonsumsi vitamin dan mineral yang essensial bagi rambut, diantaranya seperti vitamin A, B, zat besi, cooper, zinc dan protein nabati.

Semoga pembahasan seputar rambut beruban ini dapat bermanfaat untuk pembaca setia DokterCantik.com dan bagi Anda yang sedang mengalami rambut beruban.

Salam sehat!




  • filka theresia

    Dok, vitamin apa yg bagus utk rambut ?