Kenali dan Pahami Penyakit Jantung Koroner

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan istilah penyakit jantung koroner (PJK), atau mungkin orang terdekat kita menderita penyakit satu ini. Penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia dan juga menjadi penyebab 80 persen kematian jantung mendadak. Dengan mengenali dan memahami penyakit jantung koroner, anda dapat menolong orang-orang tersayang anda dengan memberikan penanganan awal.

Apa itu Penyakit Jantung Koroner

Sebenarnya apa itu penyakit jantung koroner? Penyakit jantung koroner adalah suatu kumpulan gejala akibat adanya sumbatan pada pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner adalah pembuluh darah yang memberi “makan” jantung agar ia tetap bisa bekerja sesuai fungsinya, yaitu memompa darah.

Gejala Penyakit Jantung Koroner

Lalu, apa saja gejala yang ditimbulkan dari penyakit jantung koroner ini? Bisakah orang dengan penyakit jantung koroner tidak menimbulkan gejala? Bisa saja, bila sumbatan pada pembuluh darah koronernya masih parsial (sebagian) dan sumbatannya tidak lebih dari 80% total diameter pembuluh koroner.

Gejala PJK umumnya berupa nyeri dada kiri seperti tertindih, nyeri dadanya bisa saja tembus ke belakang atau menyebar ke tangan kiri atau leher, tidak membaik dengan istirahat, sesak napas, bahkan penurunan kesadaran.

Sumbatan pada pembuluh darah koroner ini disebabkan oleh pengendapan lemak di lapisan dalam pembuluh darah. Lemak ini bersifat “mengiritasi” pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan reaksi peradangan di dalam pembuluh darah dimana zat-zat radang akan berkumpul bersama lemak dan menempel di pembuluh darah yang “terluka”. Seiring berjalannya waktu, sumbatan ini akan membesar dan akhirnya menimbulkan gejala penyakit jantung koroner bila sudah menutup lebih dari 80% total diameter pembuluh darah.

Penanganan Awal Penyakit Jantung Koroner

Apa langkah awal yang harus dilakukan seandainya orang-orang yang kita sayangi merasakan gejala PJK?

  • Pertama, untuk dapat melindungi mereka, kita harus mengenali gejala-gejala PJK  yang telah disebutkan di atas,
  • Kedua, catat jam pada saat terjadinya serangan,
  • Ketiga,  segera bawa pasien ke unit pelayanan medis terdekat.

Penanganan PJK ini sangat bergantung waktu, semakin cepat pasien mendapat pelayanan medis, semain besar pula kemungkinan sembuh, dan mengurangi frekuensi kekambuhannya.

**

Untuk anda yang sehat, upaya yang bisa dilakukan agar  terhindar dari penyakit ini adalah dengan menjaga pola hidup dan pola makan sehat. Olahraga teratur dan hindari makanan dengan kadar lemak jenuh tinggi, serta meningkatkan asupan makanan dengan kadar lemak tak jenuh tinggi seperti minyak zaitun, ikan, alpukat, dsb. Dengan mengkonsumsi makanan ini akan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *