7 Resep Alami Untuk Mengobati Masuk Angin

Wanita Masuk AnginMasuk angin adalah penyakit yang diduga muncul karena kumpulan gas dalam tubuh dengan penyebarannya tidak merata.

Dalam dunia kedokteran tidak ditemukan istilah masuk angin dan kadang dianggap sekedar mitos saja tetapi pada kenyataannya hampir semua orang Indonesia pernah mengalaminya.

Jika dilihat dari penyebab dan gejalanya, penyakit ini mirip dengan influenza dan penyebab utamanya adalah udara dingin dan lembab yang berlebihan.

Gejala yang ditimbulkan seperti perut kembung, mual dan muntah, meriang atau menggigil, demam, dan sebagainya.

Cara mengatasi masuk angin biasanya dengan mengkonsumsi obat flu dan pengobatan tradisional seperti dikerok yaitu cara menggosokkan koin di bagian belakang tubuh hingga nampak kemerahan.Selain itu anda bisa menggunakan 7 resep herbal alami yang bisa mengusir masuk angin di bawah ini:

7 Resep Alami Untuk Mengobati Masuk Angin

  1. Gunakan 3 rimpang jahe yang telah dimemarkan bersama dengan 2 gelas air bersih dan sedikit gula aren. Didihkan selama 15 menit hingga airnya tinggal separuh. Saring dan minum ketika masih hangat, lakukan 2 kali sehari.
  2. Rebus 10 gram daun kesumba keeling ditambah 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya menyusut tinggal 2 gelas saja. Saring air rebusan setelah terasa hangat  lalu minum dua sampai tiga kali sehari.
  3. Rebus 100 gram ubi merah yang telah dikupas dan di potong-potong dengan campuran 7 gram jahe, ½ butir biji pala yang sudah dimemarkan, 3 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1/2 ibu jari kayu manis, 5 butir merica, dan gula merah secukupnya. Setelah hangat lalu diminum airnya  dan ubinya dimakan. Minum 2 kali sehari.
  4. Masuk angin juga bisa diatasi dengan campuran 50 gram kencur, 30 gram jahe, dan  6 butir kapulaga yang direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Tunggu hingga air rebusannya hangat lalu diminum.
  5. Rebus 4 lembar daun pepaya dicuci bersih ke dalam 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Tunggu hingga air rebusannya hangat lalu diminum.
  6. Rebus daun kayu putih kering 10 gram ke dalam 2 gelas air lalu biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Saring airnya dan minum sekali sehari.
  7. Rebus saja 300 gram daun lidah buaya, 60 gram jahe, 80 gram kencur, dan 100 gram temu lawak ke dalam 2000 cc air hingga tersisa 1000 cc, kemudian diminum selagi hangat.

Cara mengatasi masuk angin dengan menggunakan ramuan herbal alami hingga saat masih menjadi obat pilihan utama, selain karena harganya murah, juga mudah dibuat dan khasiatnya pun dapat diandalkan.