4 Cara Alami Menghilangkan Komedo

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kita semua pasti sepakat jika mengatakan bahwa komedo adalah sesuatu yang sangat mengganggu. Komedo memang sulit terlihat namun Anda akan menemukannya terutama ketika Anda menekan hidung Anda dekat ke cermin. Saat Anda berpikir bahwa wajah Anda telah bersih dan bebas dari noda, komedo terkadang belum lenyap sempurna.

Komedo merupakan jerawat yang tidak memiliki kulit sebagai lapisannya. Karena tidak ada kulit, dan komedo terkena udara, maka lapisan atas kulit pada pori-pori Anda akan mengoksidasi dan menyebabkan warnanya menghitam.

Yang harus Anda lakukan adalah membersihkan pori-pori Anda, guna menghilangkan semua komedo yang terjebak. Anda tidak perlu memencet ataukah meremasnya, sebab hal itu hanya akan merusak kulit Anda.

Berikut adalah 4 cara alami untuk menghilangkan komedo yang dapat anda terapkan di rumah.

1. Lakukan pengelupasan alami sebagai ritual mingguan

Sebenarnya terdapat begitu banyak bahan alami yang dapat dibuat untuk membantu pengelupasan kulit mati dan menghilangkan komedo. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, pala dapat membantu menyingkirkan minyak, dan membuat kulit menjadi benar-benar mulus.

Susu juga dapat menjadi bahan efektif karena mengandung asam laktat yang mampu membantu memecah sel-sel kulit yang telah tua dan menggantinya dengan sel kulit baru. Anda juga bisa menggunakan baking soda dan air, jus lemon dan gula, atau garam dan krim asam.

Cara melakukan perawatan ini adalah dengan menggabungkan bahan di atas dengan cairan basah untuk membuat pasta tipis. Awali dengan membersihkan wajah, bilas sekali dengan air, dan kemudian mulai menerapkan pengelupasan alami tersebut dengan gerakan melingkar.

Namun ingat untuk menggunakan sentuhan yang sangat ringan, apabila terlalu kasar, maka Anda dapat merusak struktur kulit Anda. Lakukan ini selama 3 hingga 5 menit, bilas dengan baik. Nikmati wajah bersih Anda.

2. Manfaatkan keajaiban madu

Madu yang Anda gunakan haruslah madu yang sangat lengket, ini ditujukan agar Anda bisa mendapatkan hasil perawatan semaksimal mungkin.

Cara melakukan perawatan ini, tuangkanlah madu secukupnya pada jari-jari Anda lalu tepukkan jari Anda pada area wajah dimana terdapat banyak komedo. Lakukan ini dengan tepukan cepat. Madu yang ditepukkan pada pori-pori Anda akan menarik komedo keluar.

Madu ini juga berfungsi sebagai antibakteri dan dukungan antioksidan, sehingga sisa-sisa kecil kotoran yang mungkin tertinggal di pori-pori Anda tidak akan mengoksidasi (dan berubah menjadi hitam) cukup cepat. Anda harus melakukan hal ini secara terus menerus selama 3 menit, dan kemudian bilas wajah dengan air.

3. Gunakan putih telur untuk menarik keluar komedo

Metode ini sebernarnya cukup efektif, namun terkadang tidak bekerja bagi sebagian orang. Cara mencabut komedo dengan masker putih telur, dimulai dengan membersihkan wajah terlebih dahulu, setelah itu terapkan putih telur pada seluruh jari Anda atau kuas wajah.

Mulailah dengan satu lapisan tipis dan biarkan sebentar hingga kering. Kemudian oleskan lapisan kedua di atas kulit Anda dan diamkan hingga semuanya benar-benar kering. Masker dari putih telur ini akan mengering dengan sendirinya, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu ambillah kain basah hangat dan gunakan untuk menggosok putih telur dari wajah Anda dengan sangat lembut.

4. Gunakan sikat gigi sebagai metode terakhir

Jika semua metode ternyata tidak bekerja bagi Anda, ambillah sikat gigi untuk menghilangkan komedo membandel, namun jangan menggunakan metode ini kecuali semuanya gagal. Ini benar-benar merupakan cara yang paling ekstrim dalam menghilangkan komedo.

Gunakan sikat gigi khusus hanya untuk membersihkan komedo, jangan menggunakan sikat gigi yang sering Anda gunakan. Sebelum menggosokkan komedo, celupkan sikat gigi terlebih dahulu ke dalam segelas hidrogen peroksida untuk menjamin kebersihannya.

Untuk melakukan metode ini, pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu sangat lembut, ambillah sedikit lemon lalu peras cairannya di atas sikat gigi tersebut, bersama dengan satu atau dua tetes minyak untuk kulit seperti jojoba, atau zaitun. Dengan sangat lembut, gosokkan area wajah yang terdapat komedo dengan kepala sikat gigi Anda. Ingatlah untuk melakukannya secara sangat lembut. Selain itu, tidak disarankan untuk melakukan hal ini lebih dari sekali dalam seminggu.

**

Guna mencegah timbulnya komedo, hindarilah mencuci muka dengan pembersih yang keras. Hal ini hanya akan membuat kulit Anda bereaksi berlebihan dan menghasilkan lebih banyak minyak, yang berarti komedo Anda akan kembali dalam waktu yang lebih cepat, bersihkan wajah dua kali sehari dan cuci sarung bantal Anda setiap minggu guna menghindari menempelnya sisa-sisa kotoran.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *