Rahasia Di Balik Demam

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pernahkah Anda mengalami demam? Apakah Anda merasa terganggu dengan demam? Kebanyakan orang menganggap demam atau meriang merupakan suatu penderitaan. Terutama kaum ibu selalu khawatir jika anaknya terserang demam. Mengapa demikian?

Demam merupakan keadaan ketika suhu badan melebihi 37 derajat Celcius akibat suatu penyakit atau peradangan. Demam menandakan bahwa sel antibodi manusia yaitu sel darah putih sedang berjuang melawan suatu virus atau bakteri.

Tahukah Anda, sebenarnya ada rahasia dan manfaat di balik demam? Mari kita simak artikel berikut!

Apakah Demam Merupakan Penyakit?

Seringkali timbul anggapan bahwa demam merupakan penyakit. Sesungguhnya demam hanyalah gejala yang muncul untuk memperingatkan kita bahwa ada masalah di dalam tubuh. Demam umumnya disebabkan oleh batuk, pilek, radang tenggorokan, diare (mencret), infeksi telinga tengah, dan penyakit akibat infeksi bakteri, virus atau kuman lainnya, serta dehidrasi (kekurangan cairan), kelainan darah, atau kepanasan.

Apa Saja Manfaat Demam?

Demam memiliki manfaat bagi tubuh sebagai proses adaptasi terhadap serangan infeksi atau peradangan. Beberapa manfaat demam yang perlu Anda ketahui yaitu:

  1. Meningkatkan kekebalan alami tubuh, sehingga infeksi bisa terkendali.
  2. Mengurangi zat besi yang merupakan sumber makanan bagi kuman.
  3. Meningkatkan mobilitas sel darah putih untuk melawan penyakit dan infeksi.
  4. Menurunkan efek racun dari kuman yaitu yang disebut endoktoksin.
  5. Mencegah penyakit jantung, stroke, dan penyakit ganas lainnya, karena suhu panas pada tubuh ketika demam akan mampu melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sumbatan-sumbatan pada pembuluh darah dan persendian.
  6. Mengatasi penyakit mata pada anak dan orang tua, namun sering terjadi tanpa disadari.

Pakar kedokteran barat telah mengamati beberapa penyakit menahun seperti reumatik yang menimbulkan kram pada persendian atau penyakit sifilis menahun pada organ syaraf, akan membaik bila panas tubuh meningkat. Sehingga dibuatlah demam buatan sebagai terapi pengobatan.

Bahkan WHO pernah menyatakan sebuah bukti ilmiah bahwa demam merupakan respon yang universal dan bermanfaat dalam melawan infeksi, sehingga penggunaan obat penurun panas sebaiknya dihindari.

Bagaimana Cara Tepat Mengatasi Demam?

Walaupun bermanfaat, demam tetap harus dikontrol agar tidak sampai terlalu lama dan berlebihan. Untuk itu perlu ditelusuri penyebab demam tersebut.

Adapun cara tepat yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam pada anak maupun dewasa adalah:

  • Ukur suhu tubuh setiap 4 jam sekali dengan menggunakan termometer.
  • Hindarkan pakaian tebal, jaket, atau selimut, karena akan mempersulit hilangnya panas dari tubuh.
  • Konsumsi banyak cairan agar tidak terjadi dehidrasi.
  • Makan yang banyak.
  • Istirahat yang cukup.
  • Pastikan ruangan bersih dan sirkulasi udaranya lancar.
  • Jika suhu tubuh sangat panas, kompres dengan air hangat pada bagian kening, ketiak leher, dan lipatan paha. Hindarkan mengompres dengan air dingin, karena akan menyebabkan tubuh makin menggigil untuk menaikkan suhunya.
  • Jika terjadi kejang, segera turunkan demam.
  • Minum obat penurun panas jika suhu tubuh mencapai 38,5°C atau lebih.

**

Hati-hati dengan obat penurun panas, jangan sampai dosisnya berlebihan karena ingin segera sembuh. Anda harus bersabar menunggu reaksi dalam tubuh Anda melawan penyakit. Jadi, jangan takut dengan demam tetapi juga jangan sepelekan demam.

Semoga Anda selalu sehat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *