Mengenal Metode EMS

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Apakah anda sudah kenal dengan metode EMS? Metode dalam kebugaran tubuh yang satu ini kini semakin popular. Diklaim memberikan manfaat lebih cepat dalam frekuensi latihan yang lebih singkat dibandingkan dengan fitnes dan aerobik. Di era yang segala sesuatu seba cepat ini, tidak heran metode EMS semakin digemari.

Apa Itu Metode EMS

EMS singkatan dari Electrical Muscle Stimulation. Dari namanya saja anda pasti sudah bisa tebak bahwa metode ini menggunakan energi listrik untuk menstimulasi otot agar lebih kencang dan terbentuk. Metode ini diklaim aman dan efektif untuk tubuh.

Teknologi ini awalnya digunakan dalam dunia medis untuk terapi bagi pasca operasi dan penangan cedera yang dialami pasien. Para pesepakbola yang menderita cedera umumnya ditangani dengan terapi ini. Namun berkat inovasi cemerlang ilmuwan dari Jerman yang memberikan modifikasi pada teknologi ini, dikembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi metode yang bisa diaplikasikan dalam dunia fitness dan kecantikan.

Dalam hal kecantikan, metode EMS diklaim bisa menghilangkan selulit dan menghancurkan lemak lebih cepat. Tubuh langsing yang anda idamkan bisa semakin mudah untuk diwujudkan.

Cara Kerja EMS dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Di negara-negara Eropa, Jerman khususnya, sudah banyak pusat-pusat fitnes yang dilengkapi dengan EMS. Kabarnya, kini telah lebih dari 50 negara yang mengaplikasikannya. Dikabarkan oleh beritasatu.com, Bams (mantan vokalis Samsons) lah yang membawa lisensi alat ini ke Indonesia. Bams juga serius mengelola pusat fitnes dan menjadi instruktur EMS.

Saat menjalani metode ini, anda akan menggunakan pakaian khusus yang disebut Miha Bodytec Suit, berupa rompi dan sabuk yang dihubungkan pada mesin EMS Miha Bodytec. Lalu di beberapa titik badan anda akan dipasangi sejenis kabel untuk mengalirkan aliran listrik tadi.

Belum banyak tempat fitness yang memiliki alat ini. Bagi anda yang ingin segera mencoba bisa berkunjung ke salah satu pusat fitness yang menyediakannya yaitu 20 Fit, kepunyaan penyanyi Indonesia : Andien. Seperti dimuat dalam situs mereka, dalam 20 menit penggunaan EMS akan sama seperti 1,5 hingga 2 jam olahraga di gym.

Manfaatnya bisa anda rasakan lebih cepat karena impuls dari arus yang diberikan melalui suit tadi terdistribusikan secara merata kepada seluruh badan. Jadi, tidak hanya terpusat pada satu titik saja. 90% dari otot tubuh distimulan dalam waktu bersamaan.

Karena stimulasi diberikan langsung pada otot, maka metode ini tidak memberikan beban pada persendian seperti halnya latihan beban yang biasa kita kenal. Manfaat yang dapat anda rasakan berupa penurunan berat badan, pembakaran lemak dan pembentukan badan dan otot. Hasil yang diperoleh pun bisa bertahan dalam jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan aktifitas olahraga lain. Menarik bukan?

Pasca menjalani metode ini, anda akan merasakan sedikit “sakit” pada badan. Lebih lanjut, Bams menyarankan agar setiap menjalani metode ini anda memberikan jeda waktu minimal dua hari untuk latihan berikutnya.

EMS memberikan manfaat yang sama baik bagi pria maupun wanita. Jadi, siapapun bisa mencobanya. Saat menggunakan metode EMS anda akan didampingi seorang instruktur (trainer) untuk memastikan tahapan dan gerakan dilakukan secara benar dan aman.

Selamat mencoba!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *