Tips Mengatasi Nyeri Menstruasi dengan Obat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Banyak wanita mengalami nyeri di bagian perut bawah pada saat menstruasi, biasanya berlangsung di hari pertama sampai hari kedua. Level nyeri-nya pun bervariasi, mulai dari nyeri ringan, cukup parah, sampai parah. Istilah medis untuk nyeri pada saat menstruasi disebut dysmenorrhea.

Nyeri pada saat menstruasi disebabkan oleh terjadinya kontraksi pada otot uterus oleh suatu senyawa kimia yang disebut prostaglandin. Uterus, yang mana merupakan tempat dimana seorang bayi berkembang, mengalami kontraksi selama siklus menstruasi berlangsung.

Jika uterus berkontraksi terlalu kuat akibatnya dapat menekan pembuluh darah di sekitarnya sehingga memutus asupan oksigen ke dalam jaringan otot pada uterus. Rasa nyeri terjadi ketika otot-otot uterus kehilangan asupan oksigen tersebut.

Walaupun sebenarnya nyeri pada saat menstruasi ini dapat dikategorikan normal, tetapi nyeri yang berlebihan tidaklah normal. Terkadang, rasa nyeri ini menghambat aktivitas sehari-hari.

Mengatasi Nyeri Menstruasi dengan Obat

Adapun cara paling ampuh dan cepat untuk mengatasi rasa nyeri menstruasi adalah dengan menggunakan obat. Obat yang biasanya digunakan yaitu painkiller atau obat hormonal. Painkiller dapat dibeli di Over The Counter, sementara obat hormonal harus dibeli atas resep dokter. Jenis painkiller ini bermacam-macam dengan berbagai mekanisme kerja dan tata cara penggunaan yang berbeda.

Rasa nyeri yang masih dikategorikan dalam tingkat nyeri ringan biasanya dapat diatasi dengan menggunakan Paracetamol. Selain bekerja sebagai penurun demam, Paracetamol juga memiliki efek untuk mengurangi nyeri.

Contoh painkiller lainnya yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri yaitu asam mefenamat. Asam mefenamat ini digunakan untuk mengobati nyeri yang levelnya cukup parah sampai sangat parah. Dikarenakan asam mefenamat ini memiliki efek samping yang dapat menyebabkan pelepasan asam lambung di lambung, maka asam mefenamat tidak boleh digunakan pada saat perut kosong. Melainkan harus diminum pada saat makan atau segera setelah makan.

Jenis obat lain yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri menstruasi yaitu aspirin (asam asetilsalisilat), ibuprofen, dan naproxen. Mengkonsumsi obat pada saat nyeri menstruasi hanya bersifat sementara karena obat-obatan tersebut hanya bersifat simptomatis alias tidak menghilangkan penyebab atau sumber nyeri tersebut.

Cara Alami Mengatasi Nyeri Menstruasi

Berikut ini adalah tips untuk mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi tanpa mengkonsumsi obat:

  1. Letakkan botol kaca yang berisi air panas di atas perut bagian bawah atau tepat
    di bagian nyeri terasa.
  2. Lakukan pijatan ringan dengan gerakan melingkar menggunakan ujung-ujung jari pada bagian perut atau tepat di bagian nyeri terasa.
  3. Minumlah minuman hangat seperti jahe atau sejenisnya.
  4. Makanlah makanan ringan
  5. Hindari makanan/minuman yang mengandung kafein dan garam
  6. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, buah-buahan dan sayuran.
  7. Hindari merokok dan meminum alkohol8. Naikkan kaki ke atas pada saat tiduran, atau tidur dengan posisi menyamping sambil kedua kaki ditekuk

Sementara itu, untuk mengatasi dysmenorrhea secara jangka panjang dapat mengikuti tips berikut ini:

  • Cobalah lakukan meditasi atau yoga secara rutin
  • Tingkatkan asupan vitamin b6, kalsium, dan magnesium
  • Lakukan olah raga secara rutin
  • Turunkan berat badan jika kamu overweight.

(Gambar: Courtesy ShutterStock.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *