4 Tips Sederhana Belajar Masak

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Anda suka masak? Anda hobi makan? Atau Anda dituntut untuk bisa masak oleh suami atau atasan? Jika ya, silakan Anda baca artikel berikut ini, untuk menambah wawasan Anda tentang tips belajar masak secara sederhana.

Apa Alasan Anda Belajar Masak?

Seorang petualang kuliner belum tentu jago masak. Orang yang masakannya enak pun tidak selalu suka menikmati makanan yang dimasaknya sendiri. Banyak pendapat bahwa seorang perempuan harus pintar memasak, tetapi kenyataannya para master chef di hotel atau restoran ternama kebanyakan adalah laki-laki. Jadi?

Beberapa alasan orang belajar masak biasanya karena:

  • Hobi. Gemar makan menimbulkan rasa penasaran untuk mengetahui bagaimana cara membuat makanan yang menggugah selera. Kreatifitas akan muncul dengan sendirinya ketika seseorang menjalani sesuatu dengan hati.
  • Ingin menyenangkan keluarga. Terutama bagi ibu rumah tangga, yang harus melayani suami dan anak-anak setiap harinya. Selalu membeli makanan matang tentu merupakan pemborosan. Memasak merupakan solusi hemat dan sehat.
  • Pekerjaan. Kadangkala seseorang mendapat pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginan dan mau tidak mau harus dijalani, seperti menjadi koki restoran, asisten rumah tangga, atau juru masak rumah sakit.

Tips Sederhana Belajar Masak

Belajar masak sebenarnya tidak sulit, hanya membutuhkan kepekaan terhadap rasa dan selera serta keyakinan akan perpaduan komposisi bahan dan penyedap. Jika Anda berminat belajar memasak, coba Anda simak tips berikut:

1. Kenali berbagai bahan dan bumbu masak

Untuk bisa memasak dengan baik dan mudah, Anda harus mengetahui lebih dulu macam-macam bahan dan bumbu masakan, supaya nantinya tidak keliru dalam mengolahnya. Pelajari caranya, suhu yang tepat, kandungan nutrisi, dan sebagainya. Tetap perhatikan unsur kesehatan, agar masakan yang Anda olah tidak mengakibatkan hal-hal seperti kolesterol tinggi, asm lambung naik, dan sebagainya.

2. Mulai dari yang sederhana

Cobalah resep yang mudah terlebih dahulu, kemudian perlahan menaikkan tingkat kesulitan. Jika Anda sudah mahir memadukan bahan dan bumbu yang tepat hingga menghasilkan rasa yang baik, langkah-langkah berikutnya akan terasa lebih mudah.

3. Berani mencoba

 Anda tidak perlu takut keasinan, terlalu pahit, terlalu manis, dan sebagainya. Bumbu sangat penting dalam rasa masakan. Anda bahkan bisa bereksperimen dengan bumbu-bumbu dapur untuk menemukan takaran yang tepat. Namun, Anda tetap harus berhati-hati, karena resikonya bisa fatal jika Anda salah mencampur bahan atau bumbu.

4. Tidak mudah menyerah

 Rajin mengamati, mempelajari resep-resep yang ada, banyak latihan dan jangan kecil hati apabila belum berhasil. Kegagalan adalah hal yang biasa dalam belajar, dan menjadi pemicu semangat untuk menghasilkan yang lebih baik lagi.

Akan tetapi, jika Anda telah sukses saat pertama mencoba, tidak ada jaminan bahwa yang berikutnya akan menghasilkan rasa yang sama atau lebih enak, bisa jadi rasanya berbeda karena komposisi bahan dan bumbu tidak persis sama dengan yang pertama. Jadi, jangan mudah berbangga juga ya!

**

Nah, itu dia 4 tips sederhana belajar memasak. Jangan lupa, libatkan orang-orang tersayang untuk mencicipi hidangan Anda dan memberikan penilaian, supaya masakan Anda semakin sempurna.

Selamat memasak!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *