Cara Memudarkan Bekas Jerawat Dengan Madu

DOKTERCANTIK.COMBekas jerawat sebenarnya adalah pengingat bahwa Anda memiliki kondisi kulit yang tidak sehat dan kurang sedap untuk dipandang. Bagi beberapa orang yang beruntung, bekas jerawat dapat bersifat sementara dan akan memudar dengan sendirinya. Namun pada sebagian orang lainnya, bekas jerawat akan terus menetap pada kulit wajah mereka berupa noda hitam atau bopeng.

Tentu ada banyak perawatan kecantikan yang dapat dilakukan guna mengatasi bekas jerawat, termasuk dermabrasi dan operasi laser, namun Anda harus mempunyai dana yang cukup besar untuk melakukan bentuk pengobatan tersebut. Maka dari itu, pilihan alami dengan madu mungkin menjadi solusi terbaik untuk mengatasi bekas jerawat.

Memang, penggunaan madu tidak akan menghapus bekas jerawat sepenuhnya, tetapi bisa membuatnya semakin pudar sehingga akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Cara Memudarkan Bekas Jerawat Dengan Madu

Penyebab

Seperti semua jenis bekas luka, bekas jerawat merupakan hasil akibat kerusakan jaringan kulit. Luka jerawat yang meradang akan membengkak dan menembus dinding folikel, yang kemudian dapat merusak jaringan kulit.

Biasanya, tubuh akan cepat mencoba untuk memperbaiki kerusakan tersebut dengan membentuk serat kolagen baru. Namun semua itu tergantung pada ukuran dan jenis bekas luka yang diderita, bisa saja memudar dengan sendirinya atau menetap pada kulit selama sisa hidup Anda.

Jenis

Ada beberapa jenis bekas jerawat. Hal ini secara umum dapat dikategorikan ke dalam dua kelompok, yaitu: bekas luka yang disebabkan oleh hilangnya jaringan dan bekas luka yang disebabkan oleh produksi jaringan akses.

Kategori pertama meliputi bekas luka yang tertekan fibrosis, bekas luka ringan, makula atrofi dan folikel atrofi makula. Kelompok kedua meliputi keloid atau bekas luka hipertrofik. Beberapa jenis bekas luka tersebut adalah jenis yang lebih umum pada bagian-bagian tertentu dari tubuh. Sebagai contoh, folikel atrofi makula biasanya terjadi di dada dan punggung.

Madu

Salah satu perawatan alami untuk mengatasi bekas jerawat yang dapat dibuat sendiri di rumah adalah masker madu. Dengan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

  • Jika Anda memiliki banyak bekas jerawat pada wajah Anda, tutupi seluruh area wajah dengan madu dan biarkan selama satu jam.
  • Jika Anda hanya memiliki bekas luka tunggal, cukup terapkan setetes madu di atasnya lalu tutupi dengan perban luka. Ini dapat Anda lakukan pada malam hari saat akan tidur.

Madu adalah pelembab alami. Bahan alami ini sangat bagus terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering. Jika Anda memiliki kulit berminyak, saat akan menggunakan madu, tambahkan sedikit cairan lemon. Air lemon juga baik untuk mengobati bekas jerawat, tapi tidak seperti madu, lemon dapat membuat kulit Anda menjadi kering.

Untuk kulit sensitif, sebaiknya Anda tidak menggunakan masker madu terlalu sering, sedikitnya satu kali dalam seminggu, sebab penggunaan yang berlebih dapat menyebabkan iritasi dan jerawat kista.

Pengobatan Alternatif

Ada banyak perawatan alami lainnya yang dapat Anda gunakan selain madu untuk meminimalkan munculnya bekas jerawat. Gel lidah buaya dapat membantu kulit mengurangi serta menyembuhkan jaringan parut. Tomat kaya akan vitamin A, yang juga dapat mengurangi munculnya bekas luka.

Untuk penyembuhan bekas luka, Anda dapat menggunakan es batu. Perawatan ini dapat memperkecil pori-pori kulit sehingga mengurangi resiko timbulnya jerawat baru. Terapkan es batu untuk bekas luka selama 10 sampai 15 menit setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu