Cara Alami Mengusir Binatang Pengganggu di Rumah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rumah yang bersih adalah rumah yang sehat. Namun, seringkali masih terdapat keluhan walaupun rumah sudah dibersihkan secara berkala. Masih ada saja binatang-binatang pengganggu seperti lalat, nyamuk, kecoa, semut dan tikus.

Binatang-binatang pengganggu tersebut tidak hanya mengganggu dengan kehadirannya yang menggelikan dan kadang menakutkan anak-anak, tetapi juga mengotori, menimbulkan bau tak sedap, menjadi sumber penyakit, bahkan bisa merusak barang-barang kesayangan Anda.

Penyebab Munculnya Binatang Pengganggu

Lalat, nyamuk, kecoa, semut dan tikus tentu tidak datang dengan sendirinya. Mereka menyenangi tempat yang kotor, jarang dibersihkan, gelap dan lembab. Mereka mencari makanan dari sampah atau makanan dan minuman yang tidak ditutup rapat.

Sebelum Anda menyimak cara-cara membasmi binatang-binatang pengganggu secara alami berikut ini, sebaiknya Anda juga menelusuri sumber datangnya binatang-binatang tersebut seperti:

  • Makanan dan minuman yang tidak ditutup
  • Tumpahan makanan atau minuman yang tidak segera dibersihkan
  • Sampah yang tidak segera dibuang, terutama sampah basah
  • Sudut ruang yang lembab dan jarang dibersihkan
  • Tumpukan barang bekas

Cara Alami Membasmi Binatang Pengganggu

Beberapa cara di bawah ini bisa Anda coba untuk mengusir lalat, nyamuk, kecoa, semut dan tikus di rumah Anda, yaitu:

1. Mengusir lalat. Caranya adalah dengan mengiris daun pandan dan bunga lavender kemudian masukkan ke dalam sebuah wadah. Letakkan wadah tersebut di dapur atau ruangan yang sering dikunjungi lalat. Wangi dari dua bahan tersebut tidak disukai lalat, sehingga membuat mereka tidak akan mendekat.

2. Mengusir nyamuk. Caranya adalah dengan mencampurkan sekitar 10 tetes minyak serai ke dalam 1 liter air yang digunakan untuk mengepel lantai. Aroma serai tersebut akan mengusir nyamuk.

3. Mengusir kecoa. Kecoa bisa diusir dengan menggunakan kapur hama. Cara lain adalah dengan menggunakan daun salam segar yang masih berwarna hijau. Iris dan taburkan daun salam pada tempat yang sering dilalui kecoa.

Atau bisa juga menggunakan merica butir yang dihaluskan, tempatkan dalam kain kasa, ikat dengan karet gelang dan buat beberapa buah, lalu letakkan di tempat-tempat yang menjadi sarang atau sering dilalui kecoa.

Potongan mentimun yang dimasukkan ke dalam kaleng aluminium kosong juga dapat menciptakan bau yang dapat membunuh kecoa. Selain itu, campuran baking soda dan gula yang diletakkan dalam mangkuk dan taburkan di dekat daerah yang dilalui kecoa juga bisa membuat kecoa mati.

Adapun cara lain yaitu dengan menggiling segenggam daun bay leaf dan ditaburkan di daerah banyak kecoa. Atau juga bisa menggunakan campuran ammonia dan air untuk menyingkirkan kecoak secara permanen. Adonan bola dari campuran asam borat dan gula juga akan membunuh kecoa lebih efektif.

4. Mengusir semut. Caranya adalah dengan membuat perasan jeruk nipis dan campur airnya ke dalam 50cc air. Celupkan kain lap ke dalamnya dan gunakan untuk membersihkan tempat berkumpulnya semut.

5. Mengusir tikus. Caranya adalah dengan memotong-motong buah mengkudu yang sudah masak, letakkan di dalam beberapa wadah lalu tempatkan di sudut-sudut yang sering dilalui tikus atau tempat yang menjadi sarang tikus. Bau buah mengkudu akan membuat tikus pergi dan tidak akan datang lagi.

**

Walaupun Anda mencoba cara-cara di atas untuk mengusir binatang-binatang pengganggu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan usahakan menghilangkan sumbernya, seperti membuang barang-barang tak terpakai, segera membuang sampah ke luar dan hindari makanan dan minuman yang tercecer.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *