5 Trik Aman dan Hemat Berbelanja Online

Loading...

DOKTERCANTIK.COMBerbelanja online alias online shopping sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet, terutama kaum wanita yang memiliki sifat dasar suka memanjakan diri dengan berbagai keinginan.

Kesibukan bekerja, kemacetan lalu lintas, serta cuaca yang tidak bersahabat, seringkali menjadi alasan mengapa mereka lebih menyukai membeli apa yang diinginkan melalui fasilitas canggih yang disebut internet, apalagi sekarang internet sangat mudah diakses dalam telepon genggam, sehingga transaksi bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda tergolong online shopper? Jika ya, sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam memilih toko dan barang di internet. Simak artikel berikut, agar Anda mengetahui trik aman dan hemat berbelanja online.

Trik Aman Berbelanja Online

Supaya Anda tidak mudah tertipu dengan toko-toko online palsu, dan uang Anda aman dari kekejaman para penipu itu, maka yang harus Anda lakukan sebelum berbelanja online adalah:

1. Kenali reputasi penjual. Penjual yang terpercaya tentu akan menyediakan produk yang bagus. Jangan mudah terpedaya oleh testimoni, karena saat ini semakin banyak yang membuat toko online dengan web replika, testimoni palsu dan desain web yang persis dengan toko online sungguhan. Sebaiknya Anda mencari tahu mana saja online shop yang bisa dipercaya dan yang meragukan. Penjual yang memiliki reputasi baik akan memberikan kepuasan tinggi terhadap konsumen dengan menjual barang yang berkualitas.

2. Hati-hati memberikan informasi pribadi. Jika Anda belum bisa memastikan apakah toko online yang Anda kunjungi terpercaya, jangan memberikan informasi apapun baik secara online maupun offline, seperti nomor telepon, nomor rekening dan alamat Anda. Misalnya bila terjadi phising, dengan merekayasa data seolah-olah merupakan bank atau toko di mana Anda terdaftar sebagai nasabah atau membernya, jangan mudah percaya jika Anda menerima email atau telepon yang meminta informasi keuangan Anda.

3. Gunakan metode pembayaran yang aman. Waspadai metode pembayaran yak tak lazim, seperti pembayaran yang sebagian dilakukan dari beberapa rekening, dan hanya mencantumkan metode pembayaran tunai via pos. Anda bisa menggunakan rekening bersama atau metode pembayaran PayPal, yang memberikan asurasi terhadap transaksi. Perlindungan pembelian dari PayPal ini menawarkan asuransi USD 1.000 pada setiap barang yang tidak diterima atau berbeda dari deskripsinya.

Trik Hemat Berbelanja Online

Nah, setelah Anda merasa cukup aman dan dapat mempercayai toko online yang Anda kunjungi, Anda juga harus mengamati harga dan kualitas produk yang Anda cari.

Kadangkala toko online memanfaatkan kesempatan ketika calon pembeli memilih cara berbelanja lewat internet, yaitu dengan menaikkan harga setinggi-tingginya sehingga tidak sesuai dengan mutu produk itu sendiri.

Seringkali konsumen merasa kecewa dengan barang yang mereka terima, karena tidak sesuai dengan jumlah uang yang sudah dikeluarkan. Lalu, bagaimana solusinya?

  1. Pelajari strategi potongan harga. Penawaran dengan potongan harga yang tinggi tentu sangat menggiurkan. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli, pastikan apakah Anda benar-benar membutuhkan produk tersebut, kemudian bandingkan terlebih dahulu dengan situs atau toko yang lain untuk produk yang sama. Daripada Anda sekedar membeli barang dengan diskon yang besar, sebaiknya Anda memanfaatkan voucher yang bisa Anda peroleh dengan cara tertentu.
  2. COD. Cash On Delivery atau bayar di tempat adalah istilah untuk pembayaran yang dilakukan setelah Anda menerima barang yang Anda pesan dan dikirim oleh penjual. Cara ini menghindari penipuan yang bisa mengakibatkan Anda kehilangan uang tanpa ada barang apa pun yang Anda terima, di samping Anda bisa memeriksa langsung kondisi barang sehingga Anda bisa langsung mengajukan komplain apabila barang mengecewakan.

**

Nah, selamat berbelanja online!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *