Cara Meluruskan Rambut Tanpa Ke Salon

Loading...

DOKTERCANTIK.COMRambut lurus pernah menjadi tren rambut populer tidak hanya di kalangan wanita, namun juga bagi sebagian pria. Bahkan hingga saat ini pun, rambut lurus masih menjadi idaman kebanyakan wanita, karena dapat memberikan kesan yang lembut dan tentu saja elegan.

Untuk mendapatkan rambut lurus ini, beberapa orang rela mengeluarkan banyak uang dan upaya agar keinginannya dapat terwujud. Rebonding, smoothing, catok, adalah beberapa pilihan cara, tetapi semua itu pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sayangnya, cara di atas bisa saja memberi dampak negatif bagi rambut Anda di kemudian hari, entah itu kerontokan, kekeringan, bercabang, dan berbagai masalah rambut lainnya. Padahal sebenarnya Anda dapat memilih melakukan cara alami yang lebih aman untuk meluruskan rambut Anda. Meskipun hasilnya tidak akan instan, namun bila dilakukan secara rutin maka dapat menjadi permanen.

1. Minyak Almond

Setelah keramas menggunakan sampo, kita terkadang ingin membuat rambut lurus dan lembut dengan penggunaan kondisioner. Sayangnya, kondisioner biasa tidak akan memberikan hasil maksimal pada rambut. Cobalah untuk mencampurkannya dengan beberapa tetes minyak almond pada kondisioner Anda.

Lakukan perawatan ini secara rutin setiap kali Anda selesai keramas. Hindari untuk menggunakan hairdryer, sebaiknya keringkan rambut secara alami.

2. Susu dan Telur

Kedua bahan ini sangat efektif untuk meluruskan rambut Anda. Cara menggunakannya sama seperti penggunaan masker rambut pada umumnya. Pertama-tama ambillah satu butir telur ayam, tapi cukup gunakan putih telurnya saja, letakkan ke dalam wadah yang cukup besar.

Masukkan dua cangkir susu putih tanpa pemanis. Aduk putih telur dan susu secara perlahan hingga merata. Setelah itu mulailah menerapkannya pada setiap helai rambut Anda dan bungkus dengan shower cap, diamkan selama 15 menit.

3. Minyak Zaitun

Ya, minyak zaitun memang memiliki berbagai kegunaan yang sangat baik untuk perawatan kecantikan, seperti kuku, kulit, wajah, bahkan rambut sekalipun. Bahan alami ini juga tidak hanya akan membuat rambut Anda menjadi lurus, namun juga mampu mencegah datangnya berbagai masalah rambut lainnya.

Untuk penggunaan minyak zaitun, pertama setengah cangkir minyak zaitun lalu panaskan selama beberapa menit. Setelah itu, masukkan beberapa daun rosemary kering yang telah diremas-remas dan biarkan dingin. Kemudian usapkan pada seluruh helai rambut secara merata sambil memijatnya dengan lembut.

Diamkan selama 30 menit agar minyak dapat meresap dengan baik, lalu cuci rambut dengan sampo dan kondisioner seperti biasa.

4. Cuka

Cuka juga dapat digunakan untuk membuat rambut tampak lebih lurus. Penggunaan cuka sebaiknya dilakukan setelah perawatan pelurusan rambut yang lain.

Masukkan beberapa tetes cuka ke dalam segelas air jernih lalu usapkan pada rambut Anda. Selain membuatnya menjadi lebih lurus, cuka juga mampu menjadikan rambut lebih berkilau dan licin.

5. Pisang dan Pepaya

Ada begitu banyak produk kecantikan rambut yang menggunakan pisang dan papaya sebagai bahan dasar. Ya, karena kedua bahan ini cukup efektif untuk meluruskan rambut dan memberikan hasil yang maksimal, tentunya tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Ambillah buah pepaya dan pisang secukupnya lalu campurkan dalam sebuah wadah mangkuk yang telah dicuci bersih. Haluskan keduanya lalu remas-remas hingga menyatu dengan baik.

Tambahkan satu sendok makan madu murni lalu remas kembali hingga tercampur merata. Terapkan campuran tersebut pada rambut Anda, dan diamkan sampai kering. Cuci rambut dengan sampo ringan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *