7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rempah yang satu ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan anda. Mudah ditemukan dan harganya relatif murah. Khasiat dari jahe tidak hanya sekedar diketahui berdasarkan cerita lisan dari orang tua saja namun sudah banyak dikuatkan dengan penelitian ilmiah yang mengungkap manfaat baik dari jahe.

Beberapa manfaat jahe yang sangat baik untuk kesehatan, di antaranya adalah :

1. Obat sakit kepala

Ada bermacam-macam jenis sakit kepala. Jenis yang paling umum adalah tension headaches , kepala rasanya seperti terhimpit. Penyebabnya adalah otot-otot di sekitar daerah tengkorak kepala mengalami kontraksi. Sakitnya seperti menjalar dari telinga satu ke lainnya di sekitar bagian depan kepala. Biasanya rasa sakit itu dipicu oleh kurang tidur.

Untuk tension headache bisa anda tangani dengan teh jahe (ginger tea). Seperti dilansir dalam droz.com, khasiat teh jahe adalah ini mengurangi peradangan yang menyebabkan rasa sakit. Khasiatnya bisa anda rasakan dalam waktu yang sama yang dibutuhkan obat untuk bekerja.

Rebus jahe yang sudah anda keprok dan tambahkan madu atau gula merah, namun disarankan jangan terlalu banyak pemanisnya.

2. Melancarkan peredaran darah

Jahe mengandung gingerol yang mencegah terjadinya penggumpalan darah. Kandungan gingerol tersebutlah yang memberi rasa “pedas” pada jahe. Anda dapat mengonsumsi jahe secara langsung atau dijadikan rempah dalam sayuran.

3. Mengurangi nyeri pada perut saat menstruasi

Nyeri saat menstruasi sedikit banyak membuat wanita kurang energik saat beraktifitas. Malahan nyeri yang berlebihan adalah pertanda adanya sakit serius lainnya dalam tubuh. Anda dapat campurkan jahe yang sudah dikeprok ke dalam minuman anda. Tambahkan sedikit gula merah.

4. Mengurangi mual saat hamil

Para peneliti dari Maryland Medical Center menyarankan wanita hamil untuk konsumsi jahe 1g per hari untuk mengurangi mual/muntah-muntah. Namun langkah tersebut harus didahului dengan konsultasi pada dokter terlebih dahulu. Dosisnya dalam rentang 650 mg-1g setiap hari. Tidak boleh lebih dari itu.

5. Obat jerawat

Masih dari hasil penelitian Universitas Maryland Medical Center, jahe diketahui dapat mencegah timbulnya jerawat. Konsumsi jahe maksimal 4 gr/sehari. Jangan sampai berlebihan karena dapat menyebabkan anda sakit perut.

6. Mengurangi Ketombe dan Merangsang pertumbuhan rambut

Dilansir dalam Times of India (2014), jahe mengandung antiseptik alami yang bisa melawan ketombe dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat. Langkah ini akan lebih maksimal jika anda membasuh rambut dengan air embun. Rambut akan tampak berkilau.

7. Melawan kanker usus

Penelitian telah menunjukkan jahe berkhasiat untuk melawan sel-sel penyebab kanker usus. Dikutip dari dailymail.co.uk (2015), para peneliti dari University of Minesota melakukan uji coba terhadap tikus.

Tikus dibagi dalam dua kelompok, yaitu yang disuntikkkan sel kanker usus dan telah diberi ramuan jahe terlebih dahulu dengan tikus yang disuntikkan sel kanker usus tanpa diberi ramuan jahe. Dalam dua minggu tumor berkembang pada kelompok tikus yang tidak diberi ramuan jahe. Khasiat yang sama diyakini juga akan terjadi pada manusia.

Perlu diperhatikan, bagi anda yang sedang mengonsumsi obat tertentu dalam rangka pengobatan, disarankan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan jahe sebagai obat herbal. Hal ini dikarenakan konsumsi jahe dan obat secara bersamaan bisa menimbulkan reaksi tertentu yang mengurangi manfaat dari obat atau malah membuat anda semakin tidak sehat.

Semoga membantu.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *