5 Manfaat Kopi yang Sudah Teruji Ilmiah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kabar gembira bagi para penikmat kopi.  Para peneliti telah membuktikan manfaat baik dari kopi untuk kesehatan anda. Manfaatnya amat bervariasi mulai dari pemicu semangat yang berguna untuk aktivitas anda sehari-hari, mengurangi lemak berlebih sampai dengan pencegahan penyakit berat. Diharapkan informasi ini dapat menjadi penyeimbang atas informasi yang menguraikan tentang manfaat tidak baik dari kopi yang ada selama ini.

Berikut ulasan tentang manfaat kopi yang sudah teruji secara ilmiah, untuk anda :

1. Memacu semangat

Hasil penelitian Hindmarch & tim (2000) dalam jurnal Psycopharmocology mengungkapkan kopi adalah energy booster yang membuat anda lebih segar dalam beraktivitas. Kopi membantu anda untuk merasa lebih segar  dan energi bertambah. Hal itu karena kandungan kafein dalam biji kopi. Bahkan dikatakan kafein membuat anda lebih cerdas.

Kafein dalam kopi masuk ke aliran darah dan menuju ke otak dan dalam otak kafein akan bekerja. Kafein memberi manfaat untuk aspek kognitif dan psikomotorik yang dapat anda rasakan jika minum kopi secara teratur. Bukan sesekali.

2. Membakar Lemak

Para peneliti dari University of Lausanne, Swiss menuliskan dalam American Journal of Physiology bahwa kafein lebih efektif untuk membakar lemak. Bahkan hampir semua produk suplemen pembakar lemak memiliki kandungan kafein di dalamnya. Bagi anda yang ingin menghilangkan lemak berlelbih dari tubuh, silahkan minum kopi.

3. Kandungan nutrisi yang bermanfaat

Dalam segelas kopi terdapat kandungan  vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin berupa B2, B3 dan B5 sedangkan mineral berupa mangan (manganese), kalium (potassium) dan magnesium.

Vitamin B2 berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. B3 terutama berfungsi untuk sirkulasi darah dan B5 berguna untuk mengubah lemak dan protein menjadi energi juga berperan dalam pembentukan sel darah merah . Sementara mangan amat berperan dalam kekebalan tubuh dan keseimbangan gula darah.

Kalium penting untuk kesehatan tulang dan mengendalikan tekanan darah. Selanjutnya magnesium berguna untuk kepadatan tulang dan menjaga fungsi jantung. Bayangkan betapa banyak manfaat dalam secangkir kopi untuk kesehatan anda.

4. Mencegah demensia

Peminum kopi memiliki resiko 65% lebih kecil dalam menderita demensia, terutama jenis Alzheimer. Hal ini terungkap dari penelitian L Maia dan A. De Mendonca yang mereka publikasikan dalam European Journal of Neurology . Terdapat pengaruh positif antara konsumsi kopi dengan pencegahan Alzheimer.

Lebih lanjut diungkapkan dalam penelitian bahwa efeknya akan berbeda pada tiap individu tergantung dari usia dan riwayat penyakit lain yang terkait yang diderita.

5. Melawan Cirrhosis (Sirosis Hati)

Sirosis adalah gangguan pada fungsi hati. Menurut Word Health Organization (WHO) sirosis menempati posisi 5 sebagai penyakit yang paling mematikan. Lebih banyak diderita oleh laki-laki.

Penelitian dari Klatsky AL & tim dari Divisi Penelitian Kaiser Permanente Medical Care Progam mendukung hipotesis tentang hubungan antara konsumsi kopi dan sirosis. Dalam kopi terdapat kandungan yang bermanfaat untuk melawan penyakit tersebut.  Disebutkan bahwa efeknya terlihat bila kopi dikonsumsi empat gelas atau lebih dalam sehari.

Semoga membantu.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *