6 Asupan yang Membuat Kulit Sehat Bersinar

Loading...

DOKTERCANTIK.COMKulit yang sehat dan bersinar tentunya menjadi dambaan setiap orang karena kulit yang sehat akan membantu tampilan secara keseluruhan. Ternyata kulit sehat itu dapat anda peroleh dari bahan makanan yang sehari-hari anda konsumsi. Anda bisa meramunya sendiri, tidak sulit karena bahannya biasanya tersedia di dapur anda.

Berikut informasi tentang asupan nutrisi untuk kulit sehat, kami bagikan untuk anda :

1. Anggur Merah

Bermanfaat untu menunda keriput dan melembabkan kulit wajah karena mengandung  AHA, zat anti inflamasi dan antiseptik. Kandungan asam di dalam anggur merah dapat membantu mengatasi kulit berminyak, membuka pori-pori dan mencegah munculnya jerawat di kemudian hari.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, anda dapat mencampurkan dua buah anggur dengan madu. Oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan 15 menit lalu basuh dengan air.

2. Tomat

Dilansir dalam New healthguide.org, tomat mampu memberikan khasiat berupa kulit sehat dan bercahaya (glowing). Anda dapat konsumsi tomat sebagai bahan makanan biasa yang berupa perawatan dari dalam tubu atau berupa pemakain luar.

Caranya campurkan tomat, madu dan bedak bubuk. Lalu gunakan sebagai masker. Pastikan ramuannya tidak terlalu cair, agar bisa dioleskan pada wajah. Diamkan 15 menit, setelah kering bilaslah wajah anda dengan air hangat.

Tomat juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari radiasi matahari karena mengandung lycopene. Untuk fungsi yang satu ini, campurkan satu gelas jus tomat  dengan satu gelas air kelapa. Lalu simpan dalam wadah berbentuk  spray bottle sehingga bisa anda gunakan sewaktu-waktu jika berkegiatan langsung di bawah sinar matahari. Semprotkan pada area tubuh yang terkena sengatan matahari, tunggu selama 1 menit agar racikan tomat tadi diserap oleh kulit.

3. Oat

American Academy of Dermatology mengungkapkan oat bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan gatal. Kulit yang kering dan gatal biasanya memililikadar pH yang tinggi dan oatmeal bisa membantu menyeimbangkan kadar pH tersebut.

Kandungan saponins di dalamnya membuat oat cocok digunakan sebagai pembersih wajah. Saponins memiliki karakter “pembersih” yang banyak digunakan dalam produk pembersih seperti deterjen dan sampho. Caranya, campurkan oat dengan air hangat dan madu lalu usapkan ke wajah dengan gerakan melingkar. Setelah itu basuh wajah anda dengan air.

4. Air Putih

Minum air putih yang cukup akan membantu melembabkan kulit anda. Tubuh yang kekurangan air tampak dalam kulit yang kusam dan keriput karena sel-sel kulit tidak mampu lagi untuk memerbaharui diri. Air merupakan unsur penting dalam metabolisme sekaigus membuang racun dari tubuh anda. Dengan demikian kulit anda akan sehat dan bersinar

5. Mangga

Mangga mengandung vitamin A, C dan  nutrisi yang bisa mencegah kulit menjadi kusam, mengangkat komedo dan mengurangi bintik hitam.  Caranya campurkan buah mangga dengan madu dan minyak almond. Saat mencampurkan gunakan sendok yang bersih dan sambil dilumatkan. Tidak perlu terlalu lumat.

Setelah semua tercampur, oleskan pada wajah dan leher (yang sudah dibersihkan) persis seperti hendak mengaplikasikan masker. Diamkan selama 15-20 menit,kemudian bilas wajah dan leher dengan air hangat.

6. Madu

Terakhir tentu saja madu! Khasiatnya tidak perlu diragukan lagi. Dari beberapa contoh di atas saja, anda bisa lihat bahwa semua ramuan alami untuk kesehatan kulit pastilah disarankan untuk dicampurkan dengan madu sebelum digunakan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *