Fungsi Glutathione untuk Mencerahkan Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mungkin diantara kalian sudah pernah dengar mengenai glutathione. Glutathione ini sudah banyak dipergunakan untuk membuat kulit menjadi lebih cerah. Di klinik-klinik kecantikan sudah tersedia treatment injeksi atau infus glutathione, yang biasanya dikombinasi dengan vitamin C atau senyawa lain yang berfungsi untuk menutrisi kulit kita. Atau ada juga glutathione dalam bentuk tablet atau kapsul.

Mau tahu lebih banyak tentang glutathione? Yuk, simak penjelasan detailnya berikut ini!

Apa itu glutathione?

Menurut dr. Gustavo Bounous, direktur R&D di Immunotec dan juga seorang pensiunan profesor di Universitas McGill, Montreal – Canada, “Glutathione merupakan suatu senyawa yang sangat menarik dan sangat kecil, yang secara alami diproduksi oleh tubuh manusia dan juga ditemukan di setiap sel tubuh kita. Dan merupakan antioksidan yang memiliki peran paling penting dalam tubuh karena ada di dalam sel”.

Dean Jones, PhD, seorang profesor biokimia dan direktur di Nutritional Health Sciences di Universitas Emory di Atlanta mengatakan bahwa glutathione juga terbentuk secara natural di dalam berbagai jenis makanan, dan orang yang makan makanan bergizi, kemungkinan besar sudah memiliki cukup glutathione dalam tubuhnya.

Apa yang dilakukan oleh glutathione dalam tubuh?

Efek antioksidan dari glutathione, membantu sel-sel tubuh bekerja dengan lancar. Bounous dan ahli glutathione lainnya, Jeremy Appleton, ND mengatakan bahwa glutathione juga membantu pembuangan senyawa-senyawa kimia asing dari hati, contoh senyawa kimia asing tersebut diantaranya obat dan polutan.

Seperti dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa glutathione diproduksi oleh tubuh manusia. Lalu, apakah kita perlu menambahkan asupan glutathione dari sumber lain selain makanan?

Kadar glutathione dalam tubuh kita berkurang tajam seiring berjalannya usia. Selain dipengaruhi oleh penuaan, faktor berkurangnya kadar glutathione dalam tubuh juga dipengaruhi oleh polusi, senyawa toxic, sinar UV, alkohol, rokok, stress, dan olah raga berat.

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa makanan juga memproduksi glutathione. Akan tetapi, kadang kita tidak sadar bahwa makanan yang kita makan belum cukup memenuhi kebutuhan kita tersebut. Oleh karena itu, suplementasi glutathione adalah hal yang baik juga untuk tubuh kita.

Bagaimana mekanisme glutathion dalam mencerahkan kulit?

Glutathion menghambat aktivitas enzim tyronase, yaitu suatu enzim yang berperan penting dalam produksi eumelanin. Eumelanin adalah melanin yang pigmentasinya coklat kehitaman. Sehingga, ketika enzim tyronase ini aktivitasnya dihambat, eumelanin tidak terbentuk dan produksi pheomelanin meningkat. Pheomelanin adalah melanin yang pigmentasinya kuning kemerahan.

Studi klinik yang dilakukan oleh department dermatology di Chulalongkorn University, Bangkok menunjukan hasil positif konsumsi suplemen glutathions secara oral sebanyak 500 mg per hari.

Bagaimana dengan keamanannya?

Belum ada penelitian terkait safety ketika konsumsi atau injeksi glutathione dalam jangka panjang. Appleton menyatakan bahwa tidak ada bukti bahwa suplementasi glutathione atau pemberian secara injeksi atau infus, belum ada kejadian yang menyatakan tidak aman.

Overall, pemberian suplementasi atau injeksi glutathione dan prekursornya dalam dosis yang wajar masih bisa dibilang aman, walaupun harus dihindari untuk orang yang alergi susu atau alergi protein dan penerima transplantasi organ.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *