6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Praktik puasa sebagai sarana kesehatan dan spiritualitas telah dipraktekkan sejak lama, bahkan Socrates diyakini sebagai salah satu tokoh dunia yang rutin berpuasa. Saat ini, beberapa agama di dunia menganjurkan umatnya untuk berpuasa.

Selain makna spiritualnya, ternyata puasa menyumbangkan banyak hal untuk kesehatan anda. Dalam kehidupan serba modern ini, tidak ada salahnya anda rutin berpuasa untuk memperoleh manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut ini informasi mengenai manfaat berpuasa bagi kesehatan :

1. Meningkatkan kemampuan otak

Mark Mattson dari National Institute on Aging (2014) mengungkapkan bahwa saat anda berpuasa produksi  BDNF (brain-derived neurotrophic factor) meningkat. BDNF adalah protein yang amat penting bagi proses belajar dan melindungi anda dari penurunan kemampuan kognitif karena usia.

2. Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah cara atau proses pembuangan racun dari dalam tubuh, atau mengurangi kadar racun dari dalam tubuh.  Racun sendiri bisa berasal dari makanan, minuman, polusi udara dan kebiasaan hidup kurang sehat seperti merokon dan konsumsi alkohol. Semakin banyak racun yang tinggal dalam tubuh tentunya semakin tidak baik untuk kesehatan anda.

Dampaknya sangat bervariasi mulai dari kulit kusam, merasa lemas bahkan sampai penyakit berat lainnya. Saat anda berpuasa, tubuh tidak akan mendapatkan asupan glukosa yang cukup, dalam kondisi demikian tubuh akan beralih menggunakan lemak sebagai sumber energi. Ketika lemak terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun yang terdapat dalam sel-sel lemak tubuh akan terurai dan terbuang dari tubuh

3. Mengurangi berat badan

Dr Razeen Mahroof dalam situs National Health Service (2014) mengungkapkan bahwa saat tubuh lapar, maka lemak yang ada dalam tubuh anda akan digunakan (dibakar) dan diubah menjadi energi. Dengan semakin berkurangnya lemak dalam tubuh maka berat badan anda akan menyusut.

Langkah ini amat dianjurkan bagi anda yang berat badannya masuk kedalam kategori overweight. Namun langkah ini tidak boleh secara ekstrim sehingga anda menjadi kurang asupan. Saat lemak tidak lagi tersedia, tubuh akan beralih menggunakan protein sebagai sumber energi. Ketika ini terjadi anda akan sangat lemas dan menjadi kurus (kerempeng).

4. Meningkatkan kadar hormon endorpin

Masih dalam situs National Health Service disebutkan bahwa puasa akan meningkatkan kadar endorpin dalam tubuh. Hormon ini dikenal dengan hormone bahagia yang akan membantu anda lebih waspada (alert), rileks dan bermanfaat bagi kesehatan mental.

5. Mencegah kanker

Para peneliti dari University of California dan University of Southern California (mensjournal.com) mengungkapkan bahwa puasa (Intermenitent fasting) dapat membantu mencegah kanker. Hal ini dikarenakan saat berpuasa sel-sel di tubuh kita mengaktifkan protective mode dan mencegah pertumbuhan sel kanker untuk berkembang  karena berkurangya glukosa dalam aliran darah. Bahkan di klaim lebih lanjut, kondisi tersebut bisa menghentikan perkembangan dari pre-cancerous cell sehingga tidak sempat menyebar.

6. Kecantikan kulit

Seiring dengan proses detoksifikasi dalam tubuh. Racun yang dibuang akan membuat kulit tampak lebih segar dan bersih setelah menjalankan puasa. Pembersihan racun pada kulit juga membantu menyembuhkan jerawat.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *