Menikmati Layanan Wisata Medis di Malaysia

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bagi anda yang suka berplesiran dan di saat bersamaan ingin mendapatkan layanan kesehatan, pilihan wisata medis amatlah sesuai untuk anda.  Wisata medis memberikan nilai tambah ke dalam perjalan liburan yang anda rencanakan. Jadi, anda bisa jalan-jalan sambil berobat, penyembuhan sekaligus liburan. Paket yang menyenangkan bukan?

Layanan Wisata Medis di Malaysia

Salah satu negara yang memberikan paket menarik tersebut adalah Malaysia. Ya! Negeri tetangga kita tersebut semakin matang dalam menawarkan layanan wisata medis ini. Penggunanya sudah semakin mendunia, dari Asia, Timur Tengah, Eropa dan Amerika Serikat. Kualitas unggulan yang diberikan membuat wisata medis di Malaysia semakin terdengar dan dicari banyak orang.

Sejak tahun 2005, Departemen Kesehatan Malaysia menginisiasi sebuah program yang memadukan antara keindahan budaya dan kesehatan. Dibentuklah sebuah lembaga yang khusus menangani program tersebut secara profesional yaitu Malaysia Healthcare and Travel Council (MHTC).

Menggandeng 250 rumah sakit terbaik di Malaysia yang meliputi layanan kardiologi, oncology, aesthetic surgery, robotic surgery, orthopaedical, implant gigi dan masih banyak lagi. Pemerintah Malaysia berkerjasama secara baik dengan sektor swasta yang bergerak di bidang medis.

Tidak sembarang rumah sakit yang boleh memberikan layanan di bawah program MHTC. Harus terlebih dahulu lulus uji kompetensi dan evaluasi yang diadakan oleh panitia seleksi. Pihak yang tergabung dalam panitia seleksi terdiri dari sektor private (swasta) dan public (pemerintah). Selain itu, rumah sakit yang berpartisipasi diverifikasi oleh panitia akreditasi tingkat internasional. Evaluasi rutin pun selalu dilakukan berkaitan dengan kualitas layanan.

Untuk semakin mendekatkan diri dengan penggunanya, MHTC menmbuka MHTC Coencierge -sebuah one-stop center- dan MHTC Lounge yang akan menyambut anda di bandara internasional Penang, Malaysia. Seperti dimuat dalam situsnya, MHTC Coerciege akan menjawab pertanyaan anda seputar :

  • Pertanyaan medis
  • Pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda
  • Info pendukung lainnya secara lengkap meliputi transportasi dan akomodasi

Sementara MHTC lounge akan menjadi tempat tunggu yang menyenangkan bagi para turis wisata medis dan pendamping calon pasien seperti keluarga atau teman. Di lounge anda tinggal menunggu dijemput oleh provider yang anda telah pesan sebelumnya.

Seiring dengan tenarnya paket wisata medis ini, telah banyak biro perjalanan (travel) yang menyediakan paket ini. Ditawarkan dalam paket harga yang variatif tergantung dari jenis pengobatan dan rumah sakit yang anda pilih.

Salah satu biro yang bisa anda coba adalah mymedictravel. Anda tinggal memilih paketnya, selebihnya akan diatur untuk anda. Pastikan informasi detail sudah anda peroleh. Namun bagi anda yang senang mengatur sendiri perjalanan liburan akan amat terbantu dengan mengunjungi situs MHTC karena semua info mereka sajikan dengan lengkap.

Tips Mempersiapkan Wisata Medis

Berikut beberapa langkah sederhana yang disarankan untuk anda :

  • Pastikan layanan apa yang anda butuhkan

Terkait dengan keluhan/penyakit yang anda derita atau ingin anda periksakan. Cek harga, akreditasi dan profil dokter yang akan menangani. Biasanya dalam situs, informasi tersebut bisa anda dapatkan dengan lengkap. Untuk melengkapinya, anda boleh hubungi langsung rumah sakit tersebut via telepon

  • Akomodasi

Setelah rumah sakit dipastikan, pilihlah akomodasi yang lokasinya berdekatan dengan rumah sakit tersebut sekaligus pula dekat dengan lokasi wisata yang hendak anda tuju. Ambil jalan tengahnya, pilihlah yang dekat dengan kedua hal (wisata dan medis) yang anda inginkan. Untuk transportasi tidak perlu khawatir, karena Malaysia amat memperhatikan masalah infrastruktur terkait dengan program yang mereka tawarkan. Hal yang perlu anda ketahui adalah tarif angkutan berbagai moda. Untuk moda bus, biasanya tidak dikenakan biaya.

  • Dokumen Pendukung

Siapkan paspor dan dokumen lainnya yang masa berlakunya minimal 6 bulan ke depan (terhitung sejak anda sampai di kota tujuan).

  • Lebih cepat lebih baik

Disarankan anda mempersiapkan tiga bulan sebelum hari-H agar tidak tergesa-gesa. Dalam rentang waktu tersebut akan banyak tersedia layanan-layanan promo meliputi harga tiket dan hotel. Bagi anda yang menggunakan kartu kredit, jangan lupa banyak promo atau keistimewaan yang diberikan bagi pemegang kartu kredit tertentu. Bahkan promo kartu kredit tersebut diberikan langsung oleh rumah sakit.

Selamat mencoba dan sehat selalu.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Menikmati Layanan Wisata Medis di Malaysia

  1. Hai admin, mau tanya, apa kamu tahu beberapa travel agent yang menyediakan layanan Wisata medis ke Malaysia ini? jika ada, dapatkah anda memberikan nama dan nomor telepon mereka? terima kasih

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *