5 Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rasa manis dan segar dari buah semangka tidak perlu diragukan lagi. Saat cuaca panas ekstrim, semangka mampu memberi efek segar. Selain sebagai panganan, semangka memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan anda. Manfaatnya bervariasi mulai dari mengurangi nyeri otot sampai dengan kesehatan jantung. Semangka termasuk pula ke dalam jenis buah yang bisa digunakan untuk melawan kanker.

Dikutip dari News.nationalgeographic.com (2013), berikut uraian manfaat semangka untuk kesehatan anda.

1. Mengurangi Nyeri pada Otot Setelah Berolahraga

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural Food and Chemistry disebutkan bahwa semangka dapat  berperan besar dalam membantu kesehatan para atlet. Sebelum olahraga (hard workout) konsumilah jus semangka.  Membantu menurunkan heart rate dan mengurangi nyeri pada otot.

Hal tersebut dikarenakan semangka mengandung asam amino  L-citrulline yang dikonversi oleh tubuh menjadi L-arginine, asam amino yang merileksasi pembuluh darah dan memperbaiki sirkulasi darah. Kedua asam amino tersebut amat bermanfaat bagi tubuh, L-citrulline berfungsi membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi sedangkan L-arginine membantu pertumbuhan otot.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kali ini berdasarkan penelitian Arturo Figueroa, seorang fisiolog dari Florida State University yang menyebutkan jika seorang wanita –yang dalam tahap postmenopause– mengonsumsi suplemen yang berisikan ekstrak semangka –mengandung citrulline dan arginine– akan memperbaiki kesehatan kardiovascular.

Untuk mengingatkan, kardiovaskular adalah sistem terkait dengan kinerja jantung dan pembuluh darah. Manfaat berikutnya dari suplemen ekstrak semangka  adalah membantu mengurangi tekanan darah tinggi terutama bagi mereka orang dewasa (middle-aged) dalam kategori obesitas.

3. Diuretik Alami

Semangka telah lama dikenal sebagai diuretik alami yang membantu ginjal untuk mengeluarkan urin lebih banyak dan membantu untuk menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh. Diuretik sendiri bekerja pada beberapa jenis gangguan pada tubuh.

4. Kaya Vitamin dan Mineral, Rendah Kalori

Dalam 10 ons (300 ml) semangka terdapat vitamin A dan C yang memenuhi sepertiga dari jumlah kebutuhan harian anda. Termasuk di dalamnya kebutuhan potasium. Potasium adalah mineral yang bermanfaat bagi tubuh terutama untuk melakukan sintesis protein dan metabolisme karbohidrat.

Di saat bersamaan, semangka adalah buah yang rendah kalori. Bagi anda yang sangat memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, semangka bisa menjadi sahabat baik.

5. Melawan Kanker

Semangka adalah sumber lycopene, zat antioksidan  yang berperan untuk pencegahan dan perawatan. Mencegah terbentuknya kanker prostat dan digunakan dalam proses perawatan penderita kanker tersebut.  Mengenai khasiat semangka untuk melawan kanker prostat masih terus diteliti oleh para ilmuwan untuk memastikan kaitannya bukan untuk membantah khasiat si buah semangka.

**

Anda dapat menyajikan semangka dalam bentuk jus pada pagi dan malam hari. Terutama bagi anda yang sedang hamil, jus semangka di pagi hari bisa membantu meredakan morning sickness. Sedangkan jika dikonsumsi di malam hari dapat membantu anda untuk tidur lebih lelap. Jika anda memilih untuk minum jus semangka di malam hari, buatlah jus yang tidak terlalu dingin.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *