Cara Jitu Mengusir Stress

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Berbeda dengan pria, wanita sangat mudah terkena stress. Penyebabnya adalah kebiasaan hidup dan lebih suka menyimpan rahasia, berbeda dengan pria yang lebih suka terbuka atau blak-blakan. Terlebih lagi bagi wanita yang memilih jalan hidup untuk berkarir.

Menjalani dua pekerjaan sekaligus yaitu sebagai ibu rumah tangga dan juga bekerja kantoran tentunya akan sangat menguras tenaga dan pikiran. Belum lagi menghadapi masalah datang bulan. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan wanita gampang stress.

Dampak Stress Pada Wanita

Stress membuat tubuh gampang lelah, tidak produktif dan terlihat lebih cepat tua. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut karena efeknya yang kurang bagus untuk kesehatan jiwa dan juga kesehatan tubuh. Apalagi bagi anda yang sangat peduli dengan penampilan, sering mengalami stress akan sangat mengganggu apa yang anda jaga. Untuk mencegah hal itu terjadi, anda membutuhkan cara yang jitu untuk mengusir stress.

Stress didefinisikan oleh Dr. Hans Selye sebagai “suatu reaksi yang tidak spesifik oleh diri seseorang disebabkan oleh sesuatu bebanan yang menimpanya.” Untuk itu anda butuh melepaskan beban yang anda rasakan dengan membuang energy negative dari diri anda. Caranya dengan melampiaskan stress pada kegiatan positif misalnya pada kegiatan yang merupakan hobi anda.

Yuk Kenali Ciri-Ciri Stress

Terkadang wanita tidak menyadari dirinya sedang mengalami stress. Entah karena belum memahami atau hanya menganggap stress itu ketika mereka sedang marah saja. Untuk itu mari kita kenali ciri-ciri atau gejala umum stress.

Perwujudan stress terbagi menjadi empat bagian yaitu fisik, mental, emosi dan perangai.

Seseorang yang mengalami stress dapat dilihat dari kondisi fisiknya yang gampang letih, susah tidur, sering merasakan kepala pening, sering merasakan sakit di dada, sakit pada daerah bahu dan belakang.

Kondisi mental menunjukkan seseorang akan mudah lupa, sulit membuat keputusan dan seperti hilang tumpuan. Sedangkan perangai dari seseorang yang sedang mengalami stress akan nampak kebiasaan seperti sering menggigit kuku, merokok dalam jumlah yang banyak, makan berlebih bahkan sampai minum-minuman keras dan bertindak agresif.

Nah sekarang apakah anda sadar bahwa anda sedang mengalami stress.

Cara Melampiaskan Stress Ke Hal Positif

Beragam cara bisa dilakukan untuk melampiaskan stress. Anda bisa melakukan kegiatan yang anda senangi di tengah-tengah kesibukan anda atau menyediakan waktu khusus untuk memanjakan diri misalnya dengan perawatan tubuh.

Selain memanjakan diri dengan perawatan tubuh, membuang stress juga bisa dilakukan dengan traveling atau jalan-jalan. Biasanya dengan melihat pemandangan baru akan lebih membuka pikiran dan menjadikan anda lebih kreatif dan produktif. Jika keuangan anda mencukupi boleh juga traveling sekaligus berbelanja.

Bagi anda yang tidak sempat meluangkan waktu untuk traveling, kegiatan lain yang bisa anda lakukan untuk mengusir stress misalnya dengan melakukan hal yang anda sukai yang belum sempat terlaksana lantaran kesibukan anda. Silaturahmi dengan keluarga, berkumpul dengan teman-teman, atau mengunjungi tempat favorit anda tentunya bisa melepaskan jenuh dan memberikan energi positif untuk anda kembali menghadapi rutinitas.

Menjalin silaturahmi dengan orang yang jarang anda temui juga akan memberikan warna baru dalam keseharian anda. Hitung-hitung silaturahmi juga bisa membuka pintu rejeki. Mungkin juga dari situ anda bisa menemukan solusi terhadap masalah yang anda hadapi.

Jangan biarkan rasa stress meliputi anda. Anggaplah stress sebagai sebuah cobaan dan yang perlu anda pelajari adalah cara untuk menghadapinya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Salam Sehat Cantik.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *