Sistem Pengobatan Tradisional Tiongkok

Pengobatan Tradisional Tiongkok

DOKTERCANTIK.COM – Seiring dengan perkembangan dunia pharmacognosy maka metode terapi obat-obatan natural juga semakin luas penggunaannya sebagai pilihan alternatif mempercepat penyembuhan dan mengurangi efek samping pengobatan.

 

Sistem pengobatan tradisional Tiongkok mulai digali dan dipelajari kembali untuk dibuktikan kebenaran dari pengobatan ini. Di China sendiri pengobatan ini telah menjadi bagian dari pengobatan modern. Bahkan sudah puluhan rumah sakit disana yang secara resmi menggunakannya.

Banyak pula ahli kesehatan dari dunia barat yang tertarik melakukan penelitian kesehatan terkait dengan pengobatan tradisional China.

Salah satu pengobatan tradisional china yang mulai trend saat ini adalah Hemostatik Natural. Metode pengobatan ini sudah teruji secara klinis dan dipercaya efek terapinya. Salah satu keunggulannya adalah efek anti inflamasi yang tidak dimiliki oleh sediaan hemostatik yang lain. Keberadaan efek anti inflamasi dan natural hemostatik dapat mengoptimalkan penyembuhan trauma pendarahan.

TERKAIT:  Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Dengan Cepat

Di Indonesia pengobatan tradisional China dianggap sebagai salah satu pengobatan alternatif. Sama halnya dengan dunia barat yang memposisikan pengobatan ini juga sebagai pengobatan alternatif. Sedangkan  di negeri tirai bambu yang merupakan asal metode ini, pengobatan tradisional sudah tidak terpisahkan dengan sistem kesehatan.

Pengobatan tradisional Tiongkok berkembang karena adanya anggapan bahwa proses dalam tubuh manusia memiliki hubungan dan berinteraksi dengan lingkungan. Sebab itu dibutuhkan keharmonisan antara manusia dan alam. Teori pengobatan tradisional China mengacu pada beberapa filsafat yang diantaranya adalah filsafat yin-yang atau keseimbangan.

Pengobatan tradisional China diterima di Indonesia untuk memperkaya dan melengkapi khasanah obat herbal di Indonesia. Kecenderungan masyarakat Indonesia memilih pengobatan herbal mendorong perusahaan-perusahaan farmasi mengkombinasikan pengobatan modern dan memanfaatkan bahan natural untuk menjawab kebutuhan peningkatan kesehatan menjadi lebih baik.

TERKAIT:  Manfaat Mangga untuk Kecantikan dan Kesehatan

Obat-obatan natural kini makin gencar dikembangkan di Negara kita. Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan Negara yang sangat kaya kekayaan alamnya. Bahkan Indonesia menjadi rumah bagi puluhan ribu jenis tanaman obat yang sangat berpotensi digunakan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Sudah menjadi tugas kita bersama untuk menggali potensi alam sendiri dan menyingkap tabir rahasianya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia.