7 Penyebab Rambut Jadi Lepek

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rambut sehat lembut bercahaya merupakan idaman semua wanita. Penampilan rambut yang indah tentu meningkatkan kepercayaan diri ketika sedang bertemu dan bersosialisasi. Karena itulah, masalah-masalah pada rambut seperti rambut rontok, lepek dan berminyak ataupun berketombe kerapkali menjadi masalah besar. Bahkan ada yang mau merogoh kantong dalam-dalam demi menghindari masalah rambut tersebut dan mendapatkan rambut indah impian.

Nah daripada banyak mengeluarkan uang untuk perawatan rambut lepek yang belum tentu cocok dengan anda, sebaiknya pelajari dulu apa penyebabnya sehingga masalah rambut lepek dapat diatasi dengan tepat dan efektif tanpa mengeluarkan biaya yang berlebihan.

Banyak hal yang dapat menjadi faktor penyebab rambut lepek, mulai dari faktor genetis hingga makanan dan stres yang berlebihan. Simak uraiannya.

1. Malas keramas

Salah satu penyebab rambut jadi lepek adalah malas keramas. Kotoran dan minyak yang menumpuk di rambut akan semakin bertambah dan menyebabkan rambut jadi lepek dan berminyak. Jadi ubahlah kebiasaan malas keramas anda. Keramaslah setiap dua hari sekali agar rambut tetap bersih dan wangi.

2. Terlalu rajin keramas

Kebiasaan keramas setiap hari juga akan menyebabkan rambut lepek. Terlalu sering keramas akan membuat kulit kepala menjadi kering, yang justru akan memicu kelenjar minyak di kepala untuk memproduksi minyak secara berlebihan. Rambut pun jadi berminyak dan lepek. Jadi, cukup keramas dua hari sekali.

3. Shampo tidak cocok

Pemilihan shampo yang tidak cocok juga dapat menyebabkan rambut jadi lepek, jadi berhati-hatilah dalam memilih shampo untuk rambut anda. Pilihlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut.

4. Mengikat rambut saat basah

Rambut yang diikat dalam kondisi basah akan membuatnya jadi lepek karena minyak akan menggumpal dan menempel paDa rambut. Sebaiknya keringkan dahulu rambut anda menggunakan handuk bersih atau hairdryer barulah diikat. Mengikat rambut dalam keadaan basah juga akan menyebabkan rambut berketombe.

5. Makanan berminyak

Apa yang anda makan akan mempengaruhi kondisi kesehatan rambut. Mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan akan menyebabkan rambut jadi lepek dan berminyak. Jadi kurangi konsumsi makanan berminyak dan jaga pola makan anda demi mendapatkan rambut sehat bercahaya.

6. Gangguan kelenjar sebasea

Kelenjar sebasea (Sebaceous glands) merupakan kelenjar mikroskopis pada kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak atau lilin yang disebut sebum. Kelenjar minyak ini ditemukan paling banyak pada kulit wajah dan kepala. Adanya gangguan menyebabkan kelenjar ini akan memproduksi sebum secara berlebihan dan menyebabkan rambut jadi lepek.

7. Sedang dilanda stres

Stres dan rasa cemas berlebihan juga merupakan salah satu faktor penyebab rambut lepek. Saat anda stres, kelenjar minyak akan memproduksi minyak yang berlebihan dan menyebabkan rambut jadi mudah kotor karena debu yang menempel serta menjadi lepek.

**

Demikianlah 7 penyebab rambut jadi lepek. Dengan mengetahui secara pasti apa penyebab rambut anda menjadi lepek, anda pun bisa melakukan perawatan rambut lepek dengan benar dan efektif. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *