Cara memilih Lip Balm yang Baik

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bibir lembut terawat merupakan salah satu poin plus yang menunjang penampilan anda. Jangan lupa, orang lain akan memperhatikan wajah anda ketika anda sedang berbicara. Nah, bibir yang kering dan pecah-pecah tentu tak sedap dipandang bukan?

Selain bibir kering dan pecah-pecah, masalah bibir lainnya yang sering diabaikan adalah warna bibir yang cenderung berwarna gelap. Faktor yang menyebabkan bibir berwarna gelap bisa beragam, di antaranya merokok, biasa minum alkohol ataupun pemakaian kosmetik yang tidak cocok.

Kosmetik bibir yang sering digunakan adalah lipstik, lip gloss, lip tint, lip balm dan pensil bibir. Pada artikel kali ini yang akan dibahas adalah mengenai pemakaian lip balm pada bibir. Lip balm yang tidak cocok akan membuat bibir makin kering dan pecah-pecah serta pada akhirnya membuat warna bibir menjadi semakin gelap.

Tidak memakai lip balm juga bukanlah solusi yang ditawarkan karena lip balm akan melindungi bibir dari sinar UV yang berbahaya. Selain itu tanpa lip balm, penampilan terasa tidaklah lengkap. Yang terbaik adalah memahami cara memilih lip balm yang cocok untuk bibir anda, agar anda tidak perlu pusing dengan masalah bibir kering dan pecah-pecah.

Cara memilih Lip Balm yang Baik

Kami berbagi informasi cara memilih lip balm yang cocok agar bibir anda senantiasa lembut dan terawat. Simak uraiannya.

1. Cuaca di negara tropis seperti Indonesia memang sangat panas dan akan menyebabkan bibir cepat kering. Membasahi bibir dengan air liur bukanlah solusi karena bibir akan semakin kering. Oleskan lip balm dengan kandungan SPF lebih dari 15, yang akan menghalangi sinar UVA dan UVB yang akan merusak kulit di bibir anda.

2. Biasakan untuk memeriksa label kemasan kosmetik sebelum membelinya. Pilihlah lip balm yang mengandung zinc oxide, yang berfungsi untuk menghalangi sinar matahari yang merusak.

3. Hindari lip balm yang mengandung fenol dan peppermint. Kedua bahan ini memang baik untuk mengelupas lapisan p0ecah-pecah pada bibir namun juga sekaligus akan menghilangkan pelembab alami pada bibir, demikian menurut howstuffworks.com. Pada akhirnya, bibir yang baru saja diolesi lip balm akan mudak kering lagi.

4. Lip balm dengan kandungan emmolient sangat dianjurkan karena akan menjaga kelembutan bibir, melembabkan sekaligus merawat bibir secara alami.

5. Untuk anda yang memiliki kulit bibir sensitif, sebaiknya memilih lip balm yang bebas bahan kimia, perasa tambahan dan parfum buatan. Dikhawatirkan dapat menimbulkan reaksi alergi pada bibir anda seperti gatal-gatal atau membuat bibir semakin menghitam.

6. Segera hentikan pemakaian lip balm jika terjadi indikasi alergi seperti bibir terasa bengkak dan panas, gatal yang tidak tertahankan ataupun iritasi pada bibir. Mungkin saja anda tidak cocok dengan kandungan pada lip balm merk tersebut. Segera ke dokter untuk mengatasi reaksi alergi yang terjadi.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Cara memilih Lip Balm yang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *