Obat Herbal untuk Mengatasi Rambut Rontok

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Setiap helai rambut yang ada di kepala kita memiliki siklusnya sendiri. Mulai dari tumbuh hingga rontok. Dalam keadaan normal akan ada rambut yang jatuh setiap hari dan tidak perlu anda khawatirkan. Namun keadaannya menjadi berbeda jika rontok dalam jumlah yang cukup banyak setiap hari yang mengindikasikan rambut anda mengalami masalah kerontokan.

Jika demikian, anda amat disarankan untuk menjalani perawatan rambut rontok mulai dari memilih jenis shampo yang tepat, memakai hairtonic dan serum untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, anda bisa mengatasi rambut rontok dengan cara herbal.

Disarikan dari buku berjudul Cantik dengan Herbal karya Ny. Sri Kartodimedjo (2014), berikut informasi perawatan herbal untuk mengatasi rambut rontok, yaitu :

1. Teh (Basi)

Basi dalam hal ini adalah teh yang sudah anda diamkan semalaman kemudian digunakan keesokan harinya.  Seduh air teh kental secukupnya dan pastikan bahwa itu tidak mengandung gula. Keesokan harinya, gunakan hasilnya untuk membasahi kulit kepala sambil anda memijatnya secara merata. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu untuk hasil yang baik.

2. Buah Mengkudu

Pilih mengkudu yang sudah matang. Hancurkan atau blender secara kasar. Campurkan kuning telur bebek ke dalam hasil blender-an itu. Aduk rata sehingga menyerupai (ramuan) masker. Lumurkan ramuan ini pada rambut yang telah dicuci bersih (keramas) sebelumnya. Biarkan selama 10 menit dan bilas sampai bersih.

3. Jeruk Nipis

Siapkan air perasan jeruk nipus (sebanyak 1 buah) dan kuning telur ayam.  Pertama, oleskan air jeruk nipis tersebut pada kulit kepala hingga merata. Selanjutnya, setelah agak kering, anda lanjutkan dengan mengoleskan kuning telur ayam pada kulit kepala hingga merata. Kepala dibalut dengan handuk selama semalam. Pada keesokan harinya, cuci bersih (keramas) rambut anda. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.

4. Kemiri

Ambil kemiri secukupnya kemudian cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Tambahkan air secukupnya pada tumbukan kemiri tadi kemudian rebus untuk mendapatkan minyaknya. Setelah dingin, oleskan minyak kemiri pada kulit kepala hingga merata. Lakukan secara teratur dua kali seminggu.

5. Lidah buaya

Daun lidah buaya dicuci hingga bersih, lalu belah dan ambil lendirnya. Gosokkan lendir lidah buaya tadi secara merata pada kulit kepala sambil dipijat-pijati. Diamkan selama 15 menit kemudian cuci rambut anda hingga bersih. Disarankan untuk lakukan langkah ini 3 kali dalam seminggu.

6. Daun seledri

Ada dua cara dalam menggunakan daun seledri ini . Cara pertama : Ambil seledri secukupnya lalu cuci bersih lalu haluskan dengan menggunakan juicer agar bisa dipisahkan ampas daun dengan sarinya. Usapkan sari tersebut pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 20 menit kemudian akhiri dengan keramas seperti biasa.

Cara kedua : Tumbuk halus 7-10 lembar tangkai daun seledri lalu usapkan hasil tumbukan daun seledri pada kulit kepala serta rambut yang sudah dikeramasi sampai merata. Lakukan gerakan memijit kepala dengan lembut kemudian bungkus rambut dengan shower cap. Biarkan selama kurang lebih 1 jam. Bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu 2-3 kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *