Cara Sehat Membuat Jus Kulit Manggis

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Beberapa tahun terakhir ini kulit manggis memang menjadi booming, karena ternyata telah diteliti oleh para ahli dan hasilnya adalah bahwa kulit manggis memiliki beragam khasiat yang luar biasa. Dengan latar belakang tersebut, banyak diproduksi obat herbal berupa ekstrak kulit manggis yang dikemas dalam bentuk kapsul.

Mengkonsumsi kulit manggis memang terdengar aneh, karena pada umumnya yang terasa enak dan bermanfaat adalah daging buahnya. Namun, jika Anda ingin mencoba, tidak ada salahnya Anda membuat jus kulit manggis yang sehat dan pastinya bermanfaat, seperti yang akan diuraikan dalam artikel ini.

Kandungan dan Manfaat Kulit Manggis

Segala sesuatu yang bermanfaat tentu ada sebabnya. Demikian pula dengan kulit manggis, bisa berkhasiat karena mengandung zat-zat tertentu yaitu:

1. Xanthone. Merupakan sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan yang secara biologis aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids.

Manfaat: sebagai anti-inflamasi, anti-alergi, anti-proliferasi dan apoptosis atau anti kanker, yang efektif menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker, menurunkan suhu tubuh saat demam, mengatasi diare, sariawan, disentri, hingga gangguan saluran kencing.

2. Polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin. Merupakan komponen yang memiliki kualitas obat. Manfaat: untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh.

3. Vitamin C. Merupakan vitamin larut air yang bekerja kuat sebagai antioksidan.

Manfaat: membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit seperti, flu, infeksi, kanker dan sariawan. Untuk mengobati sariawan caranya yaitu dengan merebus kulit manggis yang sudah dicuci dan dipotong-potong, dengan 3 gelas air sampai airnya berkurang 50 persen. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan digunakan untuk berkumur. Antioksidan juga mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit serta mengatasi berbagai penyakit kulit.

4. Vitamin B Kompleks. Diantaranya berupa thiamin, niacin, dan folat. Manfaat: sebagai kofaktor dalam memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

5. Mineral. Yaitu berupa tembaga, mangan, magnesium dan kalium yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Manfaat: untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

6. Serat. Tinggi serat dan rendah kalori. Manfaat: untuk menurunkan berat badan.

Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Untuk membuat jus kulit manggis, pilihlah kulit yang masih segar dan tidak berwarna kehitaman, karena warna hitam tersebut akan membuat kulit manggis lebih pahit dan sepat.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 2 atau 3 buah kulit manggis
  • Pemanis tambahan (gula jawa, gula putih, susu kental manis atau madu)
  • Air matang secukupnya
  • Es batu (jika perlu)

Sebelum membuat jus kulit manggis, kerok bagian dalam kulit manggis yang masih segar, yang ada selaput putihnya seperti benang. Cuci sampai bersih, kemudian Anda bisa memotong-motongnya dengan tidak terlalu kecil.

Untuk membuat jus kulit manggis, Anda bisa memilih di antara 3 cara berikut ini, yaitu:

Cara kesatu:

Rebus dahulu kulit manggis yang sudah bersih dan dipotong, saring, tunggu sampai dingin. Kemudian masukkan kulit manggis yang sudah direbus tadi ke dalam blender, tambahkan air putih matang secukupnya, proses sampai halus. Setelah dituang ke dalam gelas, Anda bisa menambahkan pemanis sesuai selera, aduk sampai rata.

Cara kedua:

Anda tidak perlu merebus kulit manggis terlebih dahulu, melainkan cukup diblender bersama air matang dan pemanis tambahan, kemudian dituang ke dalam gelas dan langsung disajikan, bisa ditambahkan es batu.

Cara ketiga:

Setelah dikerok, dicuci dan dipotong, kulit manggis diblender sampai halus sebagaimana cara yang kedua, tetapi setelah itu jus yang sudah jadi direbus terlebih dahulu, kemudian tunggu sampai dingin baru disajikan bersama es batu.

**

Tujuan merebus kulit manggis adalah untuk mengurangi rasa pahit atau sepatnya. Namun jika Anda rasa cukup dengan menggunakan pemanis tambahan, Anda tidak perlu melakukannya.

Selamat menikmati jus kulit manggis!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *