Tips Diet Sehat dalam Sepekan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Penampilan yang ideal adalah tubuh yang langsing, atau tinggi dan berat badan proporsional, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Itulah pendapat sebagian besar masyarakat. Namun, apa yang terjadi jika Anda mengalami kesulitan menghentikan kebiasaan makan, atau memiliki hobi mengkonsumsi cemilan berlemak dan tinggi kalori?

Memang sulit menurunkan berat badan. Banyak orang yang melakukan diet tanpa konsultasi lebih dahulu, akibatnya malah berdampak buruk, seperti naiknya asam lambung karena menahan nafsu makan, atau sulit tidur.

Melakukan Diet Sehat Selama 1 Pekan

Kadang timbul kepanikan, ketika berat badan tak kunjung turun, sementara waktu pernikahan atau momen istimewa lainnya sudah semakin dekat.

Berikut adalah beberapa tips harian bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dalam waktu 7 hari atau 1 minggu saja. Idealnya berat badan bisa turun 2,5 – 10 kg, tergantung bagaimana niat dan kepatuhan Anda dalam menjalankan program diet tersebut.

Hari Ke-1

Awali pekan diet Anda dengan komsumsi buah-buahan ringan dan berair. Silakan Anda makan buah-buahan apapun yang kaya air, kecuali pisang. Untuk menghindari dehidrasi, jangan lupa minum air putih 3 liter sehari. Air putih memiliki nol kalori dan sedikit sodium, yang menjadikannya minuman sempurna untuk menurunkan berat badan. Minum air putih membantu menyingkirkan kelebihan cairan tubuh, membantu mencerna makanan lebih baik dan cepat serta memperlancar metabolisme.

Hari Ke-2

Setelah diawali dengan satu hari bersama buah-buahan, hari berikutnya adalah satu hari bersama sayuran. Anda bisa mengkonsumsi sayuran apa saja, asalkan diolah dengan cara direbus atau dikonsumsi mentah sebagai lalap atau salad. Hindari sayuran yang digoreng atau ditumis. Anda bisa memvariasikannya dengan kentang, yang juga direbus atau dikukus. Jangan lupa, tetap mengkonsumsi air putih sesuai hari ke-1.

Hari Ke-3

Hari berikutnya Anda bisa menggabungkan antara buah dan sayuran, misalnya dengan berselang-seling antara pagi, siang dan sore. Anda masih boleh makan buah dan sayuran apa saja kecuali kentang dan pisang. Lagi-lagi Anda harus tetap mengkonsumsi air putih, misalnya 2 gelas setiap bangun tidur, 1 gelas setiap setengah jam sebelum makan dan 2 gelas setiap sesudah makan.

Hari Ke-4

Apabila dari hari ke-1 sampai hari ke-3 Anda harus menghindari pisang, maka pada hari ke-4 ini Anda hanya akan bertemu dengan pisang dan susu. Anda bisa mengkonsumsi pisang secara langsung atau diolah tanpa digoreng. Untuk susu, pilihlah susu yang rendah lemak atau non-fat.

Hari Ke-5

Hari ke-5 Anda boleh mengkonsumsi 5 sendok nasi tanpa lauk. Anda boleh menambahkan 7-8 potongan tomat mentah atau direbus. Makanlah nasi dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan siang, dan jangan makan malam.

Hari Ke-6

Pada hari ke-6 ini, Anda bisa melakukan sarapan pagi dengan protein, sedangkan makan siangnya yaitu semangkuk nasi  dan sayuran.

Hari Ke-7

Di hari terakhir, Anda boleh mengkonsumsi semangkuk nasi dengan sayuran kesukaan Anda dan jus buah atau buah-buahan segar, gunanya untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

**

Selain mematuhi aturan diet ketat di atas, sebaiknya Anda juga melakukan olahraga ringan seperti pemanasan saat bangun tidur, jogging, push up, angkat beban, loncat tali, sit up, peregangan, dan berenang. Tidak perlu lama, tetapi cukup untuk membakar kalori tubuh Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *