Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Ampas Teh Hitam

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Teh sudah bukan merupakan minuman yang asing bagi hampir seluruh masyarakat di dunia. Selain mudah didapat, teh dengan berbagai rasa kini semakin banyak diproduksi untuk memenuhi dahaga segala kalangan.

Jika dulu Anda pernah mendengar istilah teh tubruk (teh yang diseduh lalu disaring kemudian ampasnya dibuang), mungkin Anda jarang menemukannya lagi sekarang ini, karena teh celup atau bahkan teh dalam kemasan dianggap lebih praktis dan aman.

Berdasarkan Wikipedia, teh hitam lebih teroksidasi daripada ragam teh hijau, oolong dan putih; keempat varietas itu terbuat dari daun Camellia sinensis. Teh hitam umumnya lebih berasa seleranya dan lebih banyak mengandung kafein daripada teh yang tak teroksidasi.

Namun tahukah Anda, bahwa ternyata ampas teh hitam bisa mengatasi masalah jerawat dan bekasnya? Coba Anda simak artikel berikut ini.

Mengenal Manfaat Teh Hitam

Sebelum kita mengenal ampas teh hitam, ada baiknya Anda mengenal manfaat teh hitam itu sendiri. Teh hitam memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh, yaitu:

  • meningkatkan kesehatan mulut
  • melindungi tubuh dari radikal bebas
  • meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • menjaga kesehatan pencernaan
  • melindungi jantung
  • memperkuat tulang dan gigi
  • mencegah kanker
  • menurunkan risiko diabetes

Kandungan Ampas Teh Hitam

Penelitian telah membuktikan bahwa ampas teh hitam mengandung mineral, vitamin, antibakteria, antiseptik dan masih banyak lagi, dengan fungsinya seperti:

  • Flouride, Asam amino L-theanine, untuk memperkuat kekebalan tubuh)
  • Antioksidan, berupa polifenol, quercetin, kaempfrol, dan myricetin, untuk mencegah pengapuran pembuluh darah, mengurangi bintik hitam bekas jerawat , dan menghaluskan wajah.

Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Ampas Teh Hitam

Jika Anda membuat sendiri teh hitam di rumah, baik berupa teh tubruk atau teh celup, maka jangan Anda buang ampasnya. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut dalam menggunakan ampas teh hitam untuk menghilangkan bekas jerawat.

  1. Haluskan ampas teh hitam yang sudah tidak enak rasanya, dengan cara ditumbuk atau menggunakan blender.
  2. Sebelum menggunakan masker, bersihkan wajah terlebih dahulu, jangan sampai ada kotoran, minyak berlebih atau sisa make-up di wajah Anda, agar masker bekerja maksimal dan tidak ada kotoran yang menghambat proses penyerapan pada pori-pori wajah.
  3. Bubuhkan ampas teh hitam secara perlahan hingga menutupi seluruh wajah atau cukup ke bagian bekas jerawat. Jangan dioleskan sambil digosok, karena hal tersebut akan menyebabkan bintik jerawat menjadi pecah dan menimbulkan luka baru.
  4. Biarkan ampas teh tersebut di wajah Anda selama kurang lebih 15 – 30 menit atau hingga ampas teh terasa kering dan berjatuhan.
  5. Bilas wajah Anda dengan menggunakan air yang hangat dan bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengaplikasikan masker ampas teh hitam pada wajah sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu.

***

Jadi, jika Anda khawatir akan kelebihan kafein akibat terlalu sering mengkonsumsi teh, tidak ada salahnya Anda cukup memanfaatkan ampas teh hitam sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah Anda. Bahkan bisa juga ampas tersebut digunakan untuk menumbuhkan rambut pada bayi.

Selamat mencoba manfaat ampas teh hitam pada wajah Anda!

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Ampas Teh Hitam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *