Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COMDaun dewa biasanya dibuat sebagai tanaman hias, karena bentuknya yang cukup unik, tidak seperti daun pada umumnya. Namun masyarakat juga mengenal daun dewa sebagai obat herbal, yang sering digunakan untuk berbagai pengobatan.

Kandungan Daun Dewa

Dengan kandungan minyak atsiri, saponin dan flavonoid, daun dewa memiliki manfaat tidak hanya untuk kesehatan, melainkan juga untuk kecantikan. Daun dewa memiliki sifat kimiawi dan efek farmakologis netral, rasa yang khas, antikoagulan, mencegah pembekuan darah, stimulasi sirkulasi, dan menghentikan perdarahan.

Daun dewa bisa disajikan langsung dalam keadaan segar, cukup direbus dan ditambahkan sedikit garam, atau dalam bentuk ekstrak, yaitu setelah disterilkan, dikeringkan dan digiling menjadi tepung, disaring lalu dimasukkan dalam kapsul.

Untuk obat luar, daun dewa cukup dihaluskan lalu mengoleskan pada daerah yang sakit. Sedangkan untuk menghilangkan flek hitam, cukup usapkan getah daun dewa tepat pada flek hitam lalu dibilas.

Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan

Daun dewa mempunyai manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan, di antaranya yaitu

  • Mengobati kutil. Caranya yaitu dengan memotong atau menghaluskan 5 lembar daun dewa, tempelkan pada bagian kulit yang terkena kutil lalu ikat dengan kain atau plester.
  • Mengobati memar karena luka. Caranya yaitu dengan menghaluskan daun dan umbi daun dewa seberat 20 gram ditambah daun jarak segar 10 lembar lalu tempelkan pada daerah yang sakit.
  • Menurunkan hipertensi. Caranya yaitu dengan merebus 7 lembar daun dewa yang lebar dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Diminum 2 kali sehari sesudah makan. Hasilnya akan lebih baik jika daun dewa dimakan sebagai lalapan.
  • Menurunkan kadar gula darah. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan daun dewa yang sudah dikeringkan.
  • Digigit ular, serangga, dan binatang berbisa lainnya. Caranya yaitu dengan melumatkan umbi daun dewa kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang terkena gigitan binatang.
  • Perdarahan pada wanita, pembengkakan payudara, batuk dan muntah darah. Caranya yaitu dengan merebus 1 batang lengkap tanaman daun dewa (kurang lebih 15 gram), dan air rebusannya diminum.

Adapun manfaat daun dewa lainnya untuk kesehatan yaitu:

  • Melancarkan peredaran darah
  • Memperlancar buang air kecil
  • Menetralkan racun dalam tubuh
  • Mengatasi pegal linu
  • Mengobati radang
  • Menurunkan demam

Manfaat Daun Dewa untuk Kecantikan 

Selain bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, daun dewa juga sering digunakan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan kecantikan. Salah satunya adalah untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Caranya yaitu cukup dengan mengambil daun dewa yang mempunyai getah lalu oleskan getah tersebut pada flek hitam bekas jerawat.

Anda juga bisa mengobati jerawat dengan melumatkan daun dewa yang sudah dicuci bersih lalu menempelkannya pada jerawat dan ditutup dengan plester atau kain kassa. Biarkan selama 30 menit kemudian bersihkan wajah Anda.

Adapun manfaat daun dewa yang lain dalam kecantikan adalah untuk menghaluskan kulit, mencegah penuaan dini atau anti aging, serta mengurangi payudara bengkak.

**

Jadi, daun dewa tidak hanya bisa dijadikan tanaman hias, melainkan juga merupakan tanaman obat yang sarat manfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *